Pemkab Buteng Kucurkan 1 Miliar untuk Akreditasi Puskesmas

225
Kasman
-Advertise-

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) di bawah pimpinan Bupati Samahuddin dan Wakilnya La Ntau terus memaksimalkan pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Agar pelayanannya memenuhi standar nasional, maka Pemkab Buteng mengakreditasi Puskesmas. Pemkab Buteng mengucurkan anggaran Rp 1 Miliar untuk akreditasi empat Puskesmas.

-Advertise-

Empat Puskesmas itu diantaranya Puskesmas Talaga, Wakambangura, Bone Waara, dan Rahiya. Dengan rencana akreditasi itu, maka akan ada 10 Puskesmas di Buteng yang terakreditasi pada 2019 ini.

“Total Puskesmas di Buteng itu ada 14 unit. Sejauh ini sudah ada enam yang sudah berhasil terakreditasi 2018 lalu yakni Puskesmas Mawasangka Tengah, Mawasangka, Gu, Lakudo, Mawasangka Timur dan Wamolo. Empat lainnya tahun ini dan empat sisanya yakni Puskesmas Sangia Wambulu, Kanapa-napa, Watorambe Bata dan Wadiabero kita upayakan terakreditasi paling lambat 2020 mendatang,” rinci Sekretaris Dinas Kesehatan Kasman di ruang kerjanya, Senin 18 Maret 2019.

Anggaran akreditasi senilai Rp 1 miliar, masing-masing Puskesmas mendapat jatah sekitar Rp 250 juta. Anggaran ini akan digunakan untuk melengkapi fasilitas yang masih kurang. Termasuk untuk membiayai tim Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang akan didatangkan di negeri seribu gua itu untuk melakukan survei dan penilaian akreditasi.

Kasman menjelaskan, akreditasi sangat diperlukan agar pelayanan Puskesmas memenuhi standar nasional. Dengan begitu pelayanan Puskesmas yang ada didaerah tak akan kalah dengan Puskesmas yang ada di kota besar.

“Artinya dengan akreditasi ini maka standar pelayanan Puskesmas yang ada diseluruh daerah di Indonesia itu sama. Nah, dengan akreditasi masyarakat tak perlu risau harus ke rumah sakit besar untuk berobat, di Puskesmas bisa kok karena standarnya sudah sama,” katanya.

Baca Juga :  PT Taspen Kendari Berikan Bantuan 10 Unit Kursi Roda Untuk Lansia

Reporter: LM Arinato

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here