Kuatkan Pengawasan Pungut Hitung, Bawaslu Butur Beri Training of Trainer Panwascam

370
 

Buranga, Inilahsultra.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Utara (Butur) menggelar Training of Trainer (TOT) bagi ketua dan anggota Panwascam Se-Butur, Kamis, 21 Maret 2019 di salah satu hotel di daerah setempat.

- Advertisement -

Kegiatan tersebut sebagai langkah persiapan pelaksanaan Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemililihan Umum (Pemilu) xang bakal digelar serentak 17 April 2019 nanti.

Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan supaya Panwascam dan Korsek bisa memahami secara mendalam tentang pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara pada pemilu 2019.

“Tidak lain agar Panwascam secara menyeluruh memahami tugas dan wewenangnya, terutama dalam pengawasan pelaksanaan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan surat suara,” katanya.

Kemudian, tambah Echi sapaan akrab Hazamuddin, Panwascam bersama Korsek diharapkan setelah selesai pelatihan mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan tersebut kepada  pengawas TPS (PTPS) dan saksi parpol dalam melakukan pengawasan.

“Karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelatihan PTPS dan saksi parpol,” imbuhnya.

Terakhir, terang Echi Panwascam bisa menangani secara profesional setiap potensi dan pelanggaran yang akan terjadi ketika pelaksanaan tahapan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan surat suara.

“Materi-materi ini yang nanti akan kembali diajarkan oleh Panwascam kepada PTPS dan saksi parpol,” pungkasnya.

Editor : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...