Tujuh Napi di Lapas Baubau Terima Remisi Bebas Murni

192
 

Baubau, Inilahsultra.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap HUT Kemerdekaan RI, ada narapidana (Napi) yang mendapatkan potongan masa tahanan (remisi).

Untuk di Baubau, sedikitnya ada 338 napi yang mendapatkan remisi pada HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini. Dari jumlah tersebut, tujuh diantaranya mendapatkan remisi bebas murni.

- Advertisement -

Wali Kota Baubau, AS Tamrin yang turut hadir dalam penyerahan remisi di halaman kantor Lapas Kelas II A Baubau berharap kepada napi yang bebas hari ini bisa hidup dengan baik bersama keluarga tercinta.

Kepala Lapas Kelas II A Baubau, Wahyu Prasetya menuturkan, untuk pemberian remisi kepada napi dibagi dua yakni remisi umum satu dan remisi umum dua.

“Kalau yang bebas murni itu remisi umum dua, sedangkan yang remisi umum satu, potongan masa tahanannya 1-6 bulan,” tutur Kepala Lapas Kelas II A Baubau, Wahyu Prasetya, Sabtu 17 Agustus 2019.

Wahyu menguraikan, untuk napi yang mendapatkan potongan masa pidana enam bulan sebanyak lima orang. Kemudian potongan pidana lima bulan, sebanyak 24 orang dan potongan pidana empat bulan sebanyak 62 orang.

“Potongan pidana satu bulan yang paling banyak napi-nya, yakni 124 orang. Kalau potongan pidana dua bulan sebanyak 51 orang dan potongan pidana tiga bulan sebanyak 70 orang,” urainya.

Dijelaskan, pemberian remisi tidak serta merta didapat oleh para napi. Tetapi dilihat dari tingkah laku atau sikap selama menjalani masa pidana didalam Lapas.

“Napi berkelakuan baik dan juga mematuhi aturan selama menjalani hukuman. Remisi ini bukan hanya sebagai hadiah dari pemerintah, tetapi fungsi dari pembinaan napi selama di Lapas,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...