Buka Keterisoliran, Pemda Mubar Kucurkan Rp 36 Miliar Bangun 41 Jembatan

299
Pengerjaan pengaspalan Jalan Ring Road Laworo (foto atas). Pengerjaan peningkatan puluhan jembatan di Mubar (foto bawah).

Laworo, Inilahsultra.com– Tidak terasa, ditahun 2019 ini Bupati Muna Barat (Mubar) LM Rajiun Tumada sudah lima tahun memimpin.

Sesuai visi-misi janji politiknya sudah mulai nampak, seperti pembangunan jembatan dan peningkatan dua jalur ruas jalan Ring Road Laworo sepanjang 26 kilometer yang saat ini tahap pekerjaannya masih sementara diaspal.

- Advertisement -

Untuk pembangunan jembatan, dari tahun 2015 sampai dengan 2019 ini Pemda Mubar alokasikan anggaran sebesar Rp. 36. 220.023.000 atau Rp 36 miliar lebih sebanyak 41 titik jembatan yang tersebar di wilayah Mubar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR), melalui Kabid SDM PUPR Mubar, Surachman ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 21 Oktober 2019 mengatakan, pembangunan 41 jembatan itu dimaksudkan untuk menghubungkan antar wilayah yang mengalami keterisolasian akibat hambatan akses yang tidak memadai.

                       

“Jembatan-jembatan beton ataupun yang berkonstruksi kayu yang kondisinya memprihatinkan diganti dengan yang baru,” katanya.

Kata Surachman, upaya perbaikan konektitivitas ini akan terus berlanjut sejalan dengan pembangunan jalan kabupaten dan jalan lingkungan.

Sehingga, sambung dia pada tahun 2020 nantinya, pembangunan yang terkait dengan infrastruktur baik jembatan maupun jalan, maka Muna Barat dapat dengan mudah dijangkau dan diexplorasi keunggulannya oleh para turis, Developert atau Investor.

“Upaya pembenahan infrastruktur adalah faktor kunci pengembangan parawisita Muna Barat,” ujarnya.

Untuk pekerjaan jalan satu jalur Ring Road Kota Laworo pada ruas Wuna- Lafinde memutar sampai dengan Lakawoghe – Tiworo dengan panjang 26 km dan memiliki lebar 5,5 meter, sementara sebagian pekerjaan itu sekarang telah memasuki fase pengaspalan, setelah penghamparan dan pemadatan material Lapis Pondasi Agregat Kelas A.

Baca Juga :  Pembunuhan di Pantai Membuku Butur Bermotif Dendam

Sebagai daerah otonomi baru, jelas Surachman, jalan Ring Road salah satu ikon Mubar itu, merupakan ruas jalan jantung Kota Laworo yang memiliki panjang dan lebar spektakuler sebagai DOB di Indonesia.

“Jalur ruas jalan lingkar Ring Road Laworo itu adalah salah satu jalan yang memiliki panjang dan lebar spektakuler untuk daerah otonom baru di indonesia,” imbuhnya.

Koordinator media center PU Mubar ini menambahkan, bahwa apa yang dibangun Bupati Mubar hari ini juga adalah sebagai konsepsi ajakan untuk berkunjung ke Muna Barat.

“Telah dibarengi oleh keberpihakan kebijakan Sang Pelopor Pembangunan Muna Barat (Rajiun Tumada), guna memudahkan aksesibilitas bagi mereka yang akan berkunjung ke Mubar,” ucap Surachman.

Reporter : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...