Desa Laburunci Dicanangkan sebagai Kampung KB di Buton

45
Bupati Buton La Bakry saat memukul gong tanda pencanangan kampung KB di Desa Laburunci, Selasa 22 Oktober 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Desa Laburunci Kecamatan Pasarwajo dicanangkan sebagai Kampung KB di Kabupaten Buton.

Pemilihan desa ini karena masih ditemukan anak meninggal ketika lahir. Selain itu, pemilihan desa ini juga sekaligus untuk mensosialisasikan stunting.

- Advertisement -

“Desa Laburunci desa ke 10 di Buton yang dicanangkan sebagai Kampung KB,” kata Kepala BKKBN Buton La Aeta saat pencanangan Desa Laburunci sebagai Kampung KB, Selasa 22 Oktober 2019.

Dia mengatakan, dalam proses pencanangan Kampung KB akan bekerja sama dengan beberapa dinas. Diantaranya Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan.

                       

“Masing-masing dinas sudah ada tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi), kerja masing-masing yang akan membina Desa Laburinci,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, penggunaan alat kontrasepsi KB di Desa Laburunci masih didominasi perempuan. Sementara laki-laki sepanjang tahun hanya ada satu orang saja.

Kendati demikian, dia berharap, pasangan suami istri dapat mengatur jarak anak lahir. Sehingga ibu dan anak dapat tumbuh dengan layak.

“Sehingga ibu masih bisa berdandan tidak melulu mengurus anak,” tuturnya.

Dengan pencanangan kampung KB, La Aeta berharap, dinas terkait akan mensosialisasikan stunting dan memberikan pola asuh anak yang baik dan benar. Sehingga anak di Buton dapat tumbuh dengan sehat dan tinggi.

Sehingga target pemerintah daerah dan pemerintah pusat, lanjut dia, bisa tercapai karena anak-anak Indonesia tumbuh dengan tinggi, tidak kurang gizi atau dikenal dengan stunting.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                   
Baca Juga :  Sulkarnain Akan Tes Ulang Tiga Calon Dirut PDAM Kota Kendari