Brigadir AM Jadi Tersangka Meninggalnya Mahasiswa di Kendari

5220
 

Kendari, Inilahsultra.com โ€“ Brigadir Abdul Malik (AM) resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus meninggalnya mahasiswa di Kendari saat demo berdarah 26 September 2019.

Penetapan tersangka Abdul Malik diketahui setelah beredarnya surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP), dengan Nomor: B/129/XI/2019/Dit. Reskrimum, tertanggal November 2019, yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, beradar.

- Advertisement -

SPDP ini bertuliskan pada Jumat 1 November 2019, telah dimulainya penyidikan terhadap tindak pidana penganiayaan yang menyebabkan matinya orang atau karena lalainya menyebabkan mati atau luka.

Dalam SPDP itu juga disebutkan, tersangka AM yang berprofesi sebagai anggota Polri, disangkakan pasal 351 ayat 3 dan atau pasal 359 KUHP subsider pasal 360 ayat 1 dan ayat 2.

Meski demikian, SPDP ini belum ditandatangani oleh pejabat Polda Sultra sekalipun di lembaran itu terpampang jelas nama Direktur Resere dan Kriminal Umum (Ditreskrimum), Kombes Pol Asep Taufik, selaku penyidik.

Kepala Sub Bidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID), Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh membenarkan ikhwal SPDP itu.

โ€œIya benar (sudah penetapan tersangka),โ€ katanya, Kamis 7 November 2019.

โ€œNanti Bareskrim Polri selaku pihak yang berwenang mengumumkan kasus tersebut,โ€ tambahnya.

AM dan lima aggota Polri lainnya sempat mendapat sanksi disiplin, berupa penundaan gaji selama setahun, penundaan kenaikan pangkat selama setahun, penempatan di tempat khusus selama 21 hari karena terbukti membawa senjata api saat mengamankan aksi.

Namun sejauh ini, belum ada keterangan detil dari polisi tentang peran Malik atas meninggalnya Randi (21) maupun Muh Yusuf Kardawi (19).

Malik diduga menjadi tersangka dalam kasus meninggalnya Randi.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...