Ritual Larung Laut, Pembuka Buton Selatan Festival

95
Ritual Larung Laut, menjadi pembuka Buton Selatan Festival, Jumat 29 November 2019.

Batauga, Inilahsultra.com – Buton Selatan Festival (BSF) yang merupakan festival perdana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) resmi digelar hari ini, Jumat 29 November 2019.

Meski Opening Ceremony Buton Selatan Festival akan digelar nanti malam yang dipusatkan di Lapangan Lakarada Batauga, namun Ritual Larung Laut menjadi kegiatan pembuka yang dipusatkan di taman kapal Boti Batauga.

Advertisements
- Advertisement -

Prosesi ritual ini dimeriahkan juga dengan persembahan tari yang diperagakan pelajar putri SMPN 1 Sampolawa. Tari ini adalah tari Kandepo, yang menceritakan warga pesisir laut Busel dalam menangkap ikan menggunakan peralatan tradisional.

Usai ritual, dilanjutkan dengan parade kapal nelayan ‘Sang Penjelajah Nusantara’ yang digelar di selat Masiri Batauga.

Plt Bupati Busel, La Ode Arusani menuturkan, festival ini adalah langkah awal mengekspose pariwisata, budaya, perikanan dan laut Kabupaten Buton Selatan ini ke mancanegara.

“Kenapa, karena ada berbagai keunikan pariwisata bawah laut, kemaritiman dan budaya yang belum terpublikasi secara maksimal,” tutur Arusani.

Olehnya itu, kata Arusani, potensi pariwisata budaya, perikanan dan kelautan di Buton Selatan ini harus lebih akan digenjot lagi kedepannya.

“Dengan berbagai potensi yang melimpah ini, saya yakin Buton Selatan ini akan lebih maju,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                                       
Baca Juga :  Kategori Baik, Busel Resmi Naik Status