Antisipasi Pohon Tumbang, Dewan Minta DLHK Kota Kendari Aktif Tinjau Lapangan

434
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari LM Rajab Jinik meminta Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk aktif memantau kondisi pepohonan yang rawan tumbang di musim hujan.

“Saat ini masuk musim penghujan disertai angin kencang yang sangat rawan dengan pohon tumbang. DLHK harus aktif memantau pohon-pohon rawan tumbang untuk dilakukan pemangkasan atau ditebang langsung, karena membahayakan keselamatan masyarakat pada saat melintas di jalan,” ujarnya.

- Advertisement -

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari ini menyebut, dalam sehari terjadi dua kali peristiwa pohon tumbang belum lama ini.

Bahkan, peristiwa serupa pernah memakan korban jiwa.

“Ini harus dilihat secara serius oleh teman-teman DLHK, karena yang punya tugas dan fungsi untuk mengotrol pepohonan rawan tumbang adalah DLHK,” ungkapnya.

Dengan adanya peristiwa yang telah terjadi, kata Rajab, pengawasan DLHK terhadap pohon lebih ditingkatkan lagi,
karena sudah ada korban.

“Dengan kejadian kemarin-kemarin tidak bisa menjadi bahan evaluasi dan rujukan bahwa ternyata pohon-pohon di Kota Kendari usianya sudah tua dan rawan mencelakakan masyarakat kalau sudah memasuki musim hujan,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, DPRD dalam hal ini Komisi III akan memanggil DLHK untuk mempertanyakan pengawasan dan peninjauan pohon-pohon yang rawan tumbang di Kota Kendari.

“Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” tambahnya.

Politikus Golkar juga ini mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada di musim hujan, dan menjauhi pohon-pohon besar yang rawan tumbang.

“Jangan berteduh di bawah pohon besar yang tua untuk menghindari hal-hal yang kita tidak inginkan,” imbaunya.

Selain itu, ia juga menyerukan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang bisa menjadi pemicu banjir.

“Mari kita jaga kebersihan sama-sama, karena dari situ sumber masalah yang berakibat dengan lingkungan kita banjir dan kotor,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Kendari yang mengakibatkan pohon besar tumbang menimpa pangkalan ojek di jalan poros Puuwatu tepatnya di depan BTN Graha Asri, Kamis 19 Desember 2019.

Dihari yang sama pohon tumbang juga terjadi depan Kodim 1417/Kendari. Sehingga jalan Samratulangi, Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat macet. Beruntung dua peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...