Penikaman Pekerja di Morosi, VDNI Ikut Disoroti

750
 

Kendari, Inilahsultra.com – PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) disoroti lantaran peristiwa penikaman terhadap Bahar, yang juga pegawai PT VDNI itu oleh Amiluddin, warga sekitar perusahaan.

Iwe salah seorang kerabat pelaku sekaligus kerabat korban mengaku menyesalkan PT VDNI dalam menyikapi permasalahan yg terjadi di sekitar wilayah lingkar industri tambang Morosi.

- Advertisement -

“Saya tegaskan di sini baik pelaku maupun korban pada prinsipnya mereka sama-sama adalah korban dari amburadulnya PT VDNI secara kelembagaan dalam mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi,” katanya, Minggu 9 Februari 2020.

Menurutnya, aksi penikaman dapat dihindari jika infrastruktur perusahaan berjalan.

Ia menyebut, PT VDNI tentunya punya penasehat hukum dalam menelaah setiap permasalahan yang ada.

“Harusnya ketika terjadi permasalahan pemalangan yang dilakukan oleh warga maka pihak perusahaan harusnya menempuh jalur hukum dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib, nanti kemudian pihak berwajib yang turun ke lapangan memediasi penyelesaiannya. Ini malah justru mengirimkan humasnya yang punya permasalahan sebelumnya dengan pelaku, tentunya hal itu bisa memicu terjadinya konflik,” katanya.

Ia mengaku, konflik seperti ini tidak akan terjadi bila pihak perusahaan jeli dalam mencari solusi dan tidak boleh mengabaikan kewenangan institusi kepolisian sebagai aparat penegak hukum.

“Tolong lihat kondisi sosial kemasyarakatan yang terjadi di wilayah lingkar tambang, jangan hanya semata datang mengeruk kekayaan sumber daya alam di republik ini dan kemudian memporak-porandakan tatanan sosial kemasyarakatan yang sudah tertata apik di sana,” pintanya.

Ia mengaku kasian karena baik Alimuddin maupun Bahar sama-sama memiliki hubungan kekeluargaan.

“Pelaku maupun korban yang dulunya mereka bersilaturahim dengan baik kemudian tercerai berai akibat cara PT VDNI dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” tutupnya.

Sementara itu, Deputy Branc Manager PT VDNI Chairillah Wijdan berharap agar suasana di daerah itu aman dan kondusif.

“Kami pun meminta kepada masyarakat agar lebih mengutamakan komunikasi dalam mengahadapi permasalahan. Bahkan kami selalu terbuka untuk masyarakat lingkar tambang jika ada keluhan dari mereka,” tuturnya.

Ia mengaku, sebelum kejadian sudah ada komunikasi, pihak PT VDNI sudah menemui Alimudin dan mengupayakan agar terselesaikan dengan bijak.

Penulis : Jusbar
Editor : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...