Sebanyak 62 Calon PPK Butur Ikuti Tes Wawancara

818
 

Buranga, Inilahsultra.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai melakukan tes wawancara calon Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) yang bakal bertugas pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Butur tahun 2020.

Pelaksanaan tes wawancara ini diagendakan berlangsung selama tiga, dimulai dari Sabtu, 8 Februari hingga Senin 10 Februari 2020, bertempat di Kantor KPU Butur di Buranga.

- Advertisement -

Tahapan pembentukan Badan Ad hoc ini sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, program dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 dan surat dinas KPU RI Nomor 12 tentang Pembentukan PPK dalam Pemilihan serentak tahun 2020.

Jumlah calon PPK yang mengikuti tes wawancara sebanyak 62 orang. Masing-masing kecamatan 10 orang, yakni Kecamatan Kambowa, Kulisusu, Kulisusu Barat dan Wakorumba Utara. Untuk Kecamatan Bonegunu dan Kulisusu Utara, jumlah yang masuk tes wawancara sebanyak 11 orang.

“Tes wawancara kita mulai hari Sabtu kemarin. Hari pertama itu yang wawancara sebanyak 21 orang. Hari kedua, 21 orang juga dan sisanya akan diselesaikan hari ini sebanyak 20 orang,” kata Ketua KPU Butur Hasruddin via sambungan selularnya.

Hari pertama, yang dites wawancara peserta dari Kecamatan Bonegunu dan Kambowa. Hari kedua peserta dari Kecamatan Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara. Sedangkan, hari terakhir, peserta dari Kecamatan Kulisusu dan Kulisusu Barat.

Hasruddin mengungkapkan, jika nantinya akan keluar lima orang per kecamatan setelah hasil wawancara direkap dari masing-masing komisioner.

“Jadi system wawancara kita lakukan dengan metode panel. Lima komisioner melakukan wawancara secara bersamaan pada satu calon,” ujarnya.

Bagi yang tidak lulus, mereka masuk daftar tunggu atau daftar PAW. Ia juga mengingatkan agar tidak berkecil hati, karena masih banyak tenaga-tenaga yang dibutuhkan seperti PPS, KPPS.

“Sebelum dilakukan pelantikan, nanti ada masa tanggapan dan masukan tahap dua dari masyarakat terkait calon PPK yang bakal dilantik,” tutur dia.

Olehnya itu, ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat Butur, agar membantu pihak PKU untuk memberikan masukan atau tanggapan terkait calon PPK yang bakal dilantik nantinya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...