Penerapan Aplikasi Silon di Pilkada, Salah Satu Bentuk Transparansi KPU

597
 

Kendari, Inilahsultra.com – Aplikasi sistem informasi calon (Silon) akan kembali diberlakukan pada penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Dengan adanya aplikasi ini menjadi suatu langkah maju bagi Komisi Pemilihan Umum tentang transparansi pesta demokrasi.

- Advertisement -

Terhadap penggunaan silon ini, KPU RI kemudian menggelar bimbingan teknis lanjutan pencalonan dan aplikasi Silon yang digelar di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. KPU Sultra turut hadir dalam acara tersebut, masing-masing Iwan Rompo Banne (Anggota KPU Sultra/Kordiv Teknis Penyelenggara),  Samsu Agusdar (Kasubag Teknis dan Hupmas) dan Hatmawati (Operator Silon).

Bimbingan teknis ini dilaksanakan sejak 4 sampai 7 Maret 2020 dan dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Bapak Arief Budiman didampingi anggota KPU RI dan jajaran Sekretariat Jenderal KPU RI.

Dalam Sambutannya, Ketua KPU RI menyampaikan kepada peserta Bimtek bahwa Pemilihan Tahun 2020 merupakan kesempatan bagi KPU untuk membuktikan kepada Publik bahwa KPU secara kelembagaan telah bekerja profesional dan mandiri serta tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Sebagai upaya pembuktian tersebut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh KPU provinsi dan kabupaten atau kota khususnya yang menyelenggarakan pemilihan tahun 2020.

Tiga hal yang ditekankan Arief, yakni, bekerja transparan, menjaga integritas dan bekerja profesional.

“Ketiga hal tersebut, tidak hanya harus dilakukan oleh komisioner tetapi juga wajib bagi jajaran Sekretariat KPU,” katanya sepert dalam rilis yang disampaikan Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Sultra Samsu Agusdar, Rabu 4 Maret 2020.

“Penggunaan aplikasi silon pada tahapan pencalonan merupakan salah satu wujud profesional dan transparansi kita dalam melaksanakan tahapan,” tambahnya.

Penulis : Jusbar

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...