Pemkot Kendari Mulai Bagikan 5 Ribu Masker ke Masyarakat

266
 

Kendari, Inilahsultra.com – Untuk mengantisipasi dan mencegah wabah Covid-19 atau virus corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai membagikan masker kepada masyarakat dengan jumlah 500 pieces (Psc) sebanyak 5 ribu masker, Selasa 17 Maret 2020.

Masker tersebut, akan dibagikan melalui Dinas Kesehatan Kota Kendari
secara merata di setiap fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) sebelum diberikan kepada masyarakat di kota bertaqwa.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, sebelumnya 11 masker akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, tetapi ketersediaan saat ini hanya 5 ribu masker dari Kimia Farma dan sisa 6 ribu masker akan menyusul.

“Untuk pembagian masker ini diprioritaskan kepada pasien mengalami diagnosa Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Kita berikan ini secara gratis kepada mereka,” ujar Rahminungrum di kantornya, Selasa 17 Maret 2020.

Selain dibagikan kepada masyarakat yang datang berobat di Fasyankes, kata dia, masker juga akan dibagikan kepada petugas kesehatan yang melayani masyarakat yang sakit.

Rahminingrum mengungkapkan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Kendari ada sekitar 1.036 pasien per hari yang datang berobat ke 15 Puskesmas tersebar di kota lulo ini.

“Petugas kesehatan yang langsung berhubungan dengan pasien ada 558 orang tersebar di 15 Puskesmas dan untuk RSUD ada 200 petugas kesehatan. Mereka juga kita berikan masker,” ujarnya.

Untuk 5 ribu makser ini, kata dia,
sebagain sudah disalurkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, kemudian dibagikan juga kepada setiap puskesmas.

“Stok masker terbatas. Jadi akan diprioritaskan untuk pasien yang sementara berobat di puskesmas dan juga RSUD Kota Kendari,” ujarnya.

Pemkot Kendari masih berencana menambah disitribusi masker untuk masyarakat dan akan diberikan juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kita masih memiliki sisa 6 masker yang belum ada stoknya. Nanti kalau sudah ada dalam waktu dekat ini, langsung kita bagikan kepada masyarakat dan ASN yang membutuhkan,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...