Data Belum Masuk, Bantuan Sosial Covid-19 di Butur Belum Disalurkan

563
 

Buranga, Inilahsultra.com – Bantuan sosial kepada warga sebagai dampak Covid-19 di Kabupaten Buton Utara (Butur) belum disalurkan. Penyebabnya, sampai saat ini data penerima bantuan belum masuk.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Butur H. Tasir mengatakan, secepatnya akan mencairkan dana bantuan sosial jika data penerima sudah dimasukan ke BPKAD.

- Advertisement -

“Data belum masuk. Makanya belum pencairan (Bantuan Sosial). Kalau data mereka masuk, kita bayarkan,” kata H. Tasir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 6 Mei 2020.

Menurut dia, BPKAD menunggu data dimasukan dari instansi teknis, dalam hal ini Dinas Sosial. Pasalnya, BPKAD tidak bersentuhan langsung dengan proses pendataan dilapangan.

Tasir menegaskan, anggaran penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Buton Utara mencapai Rp 118 Miliar. Anggaran itu merupakan hasil pergeseran sesuai instruksi dari pemerintah pusat.

Anggaran itu, lanjut dia, masuk dalam Belanja Tak Terduga (BTT).

Anggaran tersebut akan digunakan untuk tiga item kegiatan. Yakni, kesehatan, dampak sosial, dan jaring pengaman sosial.

“Sekarang kita masih lakukan penyesuaian pergeseran anggaran,” terangnya.

Dalam proses pergeseran anggaran, terang Tasir, menggeser 50 persen belanja modal dan 50 persen belanja barang dan jasa.

Intinya, ujar Tasir, tidak ada masalah dengan bantuan sosial kepada warga. Anggarannya telah tersedia. Sehingga tinggal menunggu penyaluran.

Anggaran bantuan sosial tersebut, lanjut Tasir, tidak termasuk bantuan sosial yang ada pada Dana Desa (DD).

“Bantuan sosial dari DD itu, tersendiri juga. DD kita sudah salurkan semua. Sekarang tinggal pemerintah desa saja untuk melaksanakan kegiatan itu,” paparnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...