Dewan Harap Wali Kota Kendari dan Wakil Jangan Saling Mengambil Kewenangan

4490
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mengapresiasi Wali Kota Sulkarnain Kadir menghadiri pelantikan Siska Karina Imran sebagai Wakil Wali Kota di Rujab Gubernur Sultra, Rabu 6 Mei 2020.

“Kita mensuport dan merasa senang melihat pelantikan wakil wali kota tadi yang dihadiri Wali Kota Kendari. Ini menjadi sesuatu hal yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan dalam Kota Kendari,” kata Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari LM Rajab Jinik.

- Advertisement -

Dengan kehadiran wali kota saat pelantikan, kata Rajab, menandakan stigma-stigma politik ketidakakuran wakil wali kota dengan wali kota, yang selama ini menjadi penilaian masyarakat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat jangan lagi suzon terhadap wali kota dan wakil wali kota bahwa keduanya, tapi kehadiran wali kota menghapus semua riak-riak politik selama ini,” jelasnya.

Dengan adanya wakil ini, kata Anggota Fraksi Golkar ini, DPRD menginginkan keakuran, keakraban dan saling bahu membahu antara wakil dan wali kota dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab terhadap visi misi Kota Kendari.

“Keduanya bisa berjalan dengan baik. Apa yang menjadi kelemahan wali kota selama ini dalam menjalankan pemerintahan kurang lebih selama 1 tahun, ketika diisi wakil akan menjadi lengkap” jelasnya.

Kata Rajab, koordinasi antara wakil dan wali kota dalam menjalankan pemerintah bisa berjalan degan baik, terutama mengambil sebuah kebijakan dalam menghadapi penanganan Covid-19.

“Kita harapkan jangan saling mengambil kewenangan dan keduanya sudah ada tupoksi masing-masing. Sehingga persoalan saat ini dalam menghadapi Covid-19 bisa dijalankan dengan baik,” jelasnya.

Kemudian, kata Rajab, jangan ada perbedaan visi misi wakil dan wali kota, tapi yang ada dan terpenting visi misi untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kota Kendari.

“Tidak ada lagi visi misi wali kota dan wakil wali kota yang terpenting visi misi secara keseluruhan apa yang disepakati oleh wali kota dan wakil dapat dijalankan dengan baik dan menjadi tanggung jawab kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan begitu, kata Rajab, DPRD akan mendukung segala program-program pemerintah kota dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Kendari tahun 2017-2022.

“DPRD merupakan bagian dari pemerintah akan mendukung program-program pemerintah kota untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kota Kendari,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, dengan adanya Siska Karina Imran sebagai wakil wali kota, pemerintahan di Kota Kendari menjadi lengkap.

“Mudah-mudahan dilantiknya beliau hari ini kita bisa bekerja lebih maksimal dan mengoptimalkan seluruh potensi yang di Kota Kendari,” kata Sulkarnain saat menghadiri acara pelantikan.

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Kendari ini meminta istri mantan Wali Kota Kendari ADP ini untuk secepatnya beradaptasi di pemerintahan dalam menjalankan tugas.

“Saya minta beliau untuk segera beradaptasi, karena tugas-tugas di Kota Kendari sangat banyak, yang selama ini memikul sendirian. Maka dengan adanya ibu Siska sekarang tugas-tugas bisa didistribusikan dan delegasikan kemudian bisa lebih maksimal hasilnya,” tutup Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Kendari ini.

Semetara Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran mengatakan, pertama-tama akan melakukan koordinasi kepada wali kota untuk mendapatkan arahan dalam menjalankan tugas

“Saya akan berkoordinasi dengan pak wali kota mengenai arahan dari beliau dengan apa yang kita akan tuntaskan segera,” kata Siska Karina usai mengikuti pelantikan.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...