Mantan Kades Wandoke Belum Kembalikan 1 Unit Motor yang Merupakan Aset Desa

2025
 

Laworo, Inilahsultra.com– Pasca pergantian Kepala Desa Wandoke, aset desa berupa 1 unit motor viksion belum diserahkan ke Kades terpilih. Mantan Kades, La Ode Leo Irawan yang menjabat dua periode ngotot tidak mau mengembalikan aset desa tersebut.

Alasaanya, karena terkait dengan pembangunan gedung serba guna 2017 yang anggarannya bersumber dari ADD. Di mana, ia mengklaim kalau gedung itu dibangun di lahannya.

- Advertisement -

Terkait hal itu, Kepala Desa Wandoke, LD Ngkeba yang terpilih sejak pemilihan kades serentak 15 Desember 2019 lalu itu, mengaku sebelumnya sudah melakukan jalur komunikasi dengan mantan kades saat usai penyerahan aset desa pasca pelantikan 14 February 2020 lalu.

“Itu motor aset desa tidak mau kasih kembali setelah penyerahan aset. Alasannya pembangunan gedung serba guna berdiri di atas tanah mantan kades ini dan harus dipikirkan,” kata LD Ngkeba saat ditemui, Selasa, 12 Mei 2020.

Namun, kata dia, gedung serba guna yang berdiri di tanah milik mantan kades itu sebelumnya sudah dihibakan.

“Saat penyerahan hibah tanah itu disaksikan langsung oleh masyarakat dan dirapatkan di kantor balai desa bersama pemerintah desa dan dia sendiri (Leo Irawan) menandatangani langsung surat pernyataan penyerahan tanah hibah itu,” terangnya.

Dalam surat pernyataan hibah tanah itu, jelas disetujui dan ditandatangani juga oleh orang tua dan saudara kandung LD Leo Irawan serta tanda tangan saksi yang lain.

“Heran juga kita, dia sendiri yang bangun terus dia sendiri juga yang menandatangani tanah yang dihibakan untuk pembangunan gedung itu,” herannya.

Pihaknya juga sudah melaporkan ini di Pemerintahan Daerah Mubar. Sebelumnya, kata dia, sudah didatangi juga dirumah LD Irawan, namun hal itu tidak membuahkan hasil. Mantan kades itu tetap tidak mau menyerahkan Randis aset desa itu.

Pengadaan Randis Aset desa Wandoke itu sebanyak dua unit motor. Saat ini, pengadaan satu unit motor 2015 sementara dipake sekertaris desa Wandoke. sementara, pengadaan satu unit motor 2017 masih dipegang mantan kades lama.

“Kita sudah surati juga itu mantan kades dua kali tapi dia belum kasih juga. Tapi biar mi kita pake-pake saja yang ada biar motor pinjaman,” ucapnya.

Sementara itu, mantan Kades Wandoke, LD Leo Irawan belum memberikan komentar. Saat ini pihaknya belum bisa dihubungi.

Reporter : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...