Pelabuhan Dijaga Ketat, Penumpang Wajib Memenuhi Tiga Kriteria untuk Mudik

998
 

Kendari, Inilahsultra.com – Menjelang arus mudik lebaran Idulfitri tahun 2020. Tim Gabungan memperketat pengawasan terhadap penumpang di Pelabuhan Kendari.

Tim Gabungan yang terdiri dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, Polsek Kesatuan Pelaksanaan pengamanan pelabuhan (KP3) Kendari, TNI, dan Dinas Perhubungan Provinsi Sultra.

- Advertisement -

Pengawasan dilakukan dengan pengecekan kesehatan bagi calon penumpang pelabuahan Kendari. Ada ruang check point kesehatan untuk memeriksa suhu tubuh dan kesehatan lainnya sebelum penumpang diperbolehkan membeli tiket dan layak menjadi penumpang.

Kepala KSOP Kelas II Kendari, Letkol Marinir Benyamin Ginting mengatakan,
pemeriksaan kesehatan dilakukan sejalan dengan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Nasional Nomor 4/2020 serta Surat Ddaran Dirjen Perhungan Laut Nomor 21/2020 dengan beberapa kriteria penumpang di kapal laut.

Penumpang harus memliki identitas diri KTP, SIM atau lainnya yang akan diperiksa, Kedua surat keterangan bebas Covid-19 atau surat keterangan berbadan sehat dan ketiga surat tugas bagi ASN, TNI/Polri maupun pegawai lainnya.

“Bagi penumpang untuk berangkat harus memenuhi tiga persyaratan, jika tidak memenuhi kriteria tersebut. Maka tidak bisa berangkat,” kata Benyamin Ginting saat ditemui di Pelabuhan Pangkalan Perahu Kendari, Minggu 17 Mei 2020.

Kata Benyamin, keputusan ini masih dibutuhkan waktu untuk disosialisasikan terlebih dahulu agar bisa diketahui seluruh masyarakat.

Untuk itu, lanjut Benyamin, tim gabungan ini masih memberikan kelonggaran kepada penumpang. Akan tetapi, lanjut dia, mulai pekan depan aturan ini akan diberlakukan secara ketat dan tanpa toleransi apapun.

“Memang malam ini bisa kita lihat sudah ada antrean penumpang yang menuju ruang cek kesehatan, tentu hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari sebelumnya,” jelasnya.

Ia mengaku, ada beberapa kendala ditemukan di lapangan, karena
masih banyak penumpang belum punya surat bebas Covid-19 sehingga oleh KKP dibuatkan surat keterangan usai diperiksa petugas kesehatan.

“Kita juga tidak lupa anjurkan penumpang agar tetap mamakai masker dan jaga jarak ketika di atas kapal agar terhindar dari virus corona itu,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerikasaan kesehatan bagi calon penumpang ini akan diberlakukan selamaa 24 jam di seluruh pelabuhan kapal laut di wilayah Sultra.

“Untuk di Kendari ada empat pelabuhan yang mengangkut penumpang di setiap hari mendapatkan pengawasan ketat, yakni Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Pangkalan Perahu, Pelabuhan Feri tujuan Wawonii dan Pelabuhan Bungkutoko,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...