Danramil 1416-01/Katobu Proaktif Kawal Penyaluran BLT DD

551
 

Raha, Inilahsultra.com-Dalam menjaga kelancaran proses pencarian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari anggaran Dana Desa (DD), Danramil 1416-01/Katobu secara proaktif melakukan pengawalan pencairan BLT terkhusus di wilayah Kecamatan Lohia.

Danramil 1416-01/Katobu, Kapten Ruslan menjelaskan dalam penanganan penyebaran Covid -9, pihaknya ikut andil memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya mengikuti himbauan perintah agar terhindar dari virus Corona.

- Advertisement -

“Terpenting masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan, sehingga kita semua terhindar dari virus Corona,” jelasnya, Selasa, 19 Mei 2020.

Selain itu, pihaknya ikut proaktif dalam pengamanan penyaluran bantuan dari kabupaten, provinsi hingga pusat.

“Hari ini kami bersama Kapolsek Katobu (Iptu Darul Aqsa) melakukan pengawalan penyaluran bantuan BLT bersumber dari DD,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Camat Lohia, LM Hajar Sosi menambahkan bahwa penyaluran BLT dilakukan pada empat desa dengan jumlah penerima manfaat mencapai 665 kepala keluarga, meliputi Desa Loghiya 175 KK, Korihi 151 KK, Mantobua 204 KK dan Waara 135 KK.

“Untuk sementara empat desa dulu, sedangkan lima desa lainnya akan menyusul. Sementara ini masih terus dilakukan pendataan dan verifikasi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, prioritas penerima BLT kelompok masyarakat terdampak pandemi dengan syarat dan ketentuan mengacu pada keputusan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Ia menegaskan, tidak semua masyarakat dapat terakomodir dalam BLT. Sebab, pemerintah terpaku pada pagu anggaran maksimal yang ditentukan dalam dana desa hasil revisi yakni 25 persen untuk di bawah Rp800 juta, 30 persen di bawah Rp1,2 miliar dan 35 persen untuk di atas Rp1,2 miliar.

“Warga yang tidak masuk BLT, bisa diakomodir dalam PKH, BPNT maupun BST,” terangnya.

Reporter : Iman Supa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...