Dewan Bentuk Pansus Awasi Anggaran Covid-19 Kota Kendari

442
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengawasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kota Lulo.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan menjelaskan, pansus ini dibentuk karena usul dari beberapa anggota DPRD dari setiap fraksi setelah mendapat beberapa keluhan dari masyarakat.

- Advertisement -

“Pansus ini mengawal penggunaan anggaran oleh Pemkot Kendari dalam percepatan pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19,” kata Subhan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, realokasi dan penyaluran anggaran yang sudah ditetapkan DPRD bersama TAPD
dikelola harus bisa tepat sasaran oleh Pemkot Kendari.

“Seperti bantuan sembako yang banyak dikeluhkan oleh warga. Harus
sesuai mekanisme yang ada dan pendataan yang ada dilakukan di tingkat RT/RW dan data disepakati bersama,” jelasnya.

Kemudian, kata Subhan, Pemkot Kendari harus transparan dalam mengelola uang negara untuk penanganan Covid-19 sesuai petunjuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Anggaran harus transparan, karena
sudah menjadi petunjuk KPK bahwa penggunaan dana Covid-19 ini betul-betul transparan dan dapat dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Selain itu, kata Subhan, pansus ini sebagai bentuk dukungan DPRD kepada Pemkot Kendari untuk bersama-sama dalam penanganan Covid-19.

“Mempercepat jalur komunikasi dan koordinasi, sehingga perlu dibentuk pansus dan bisa saling memahami tupoksi masing-masing sesuai kewenangan,” tutupnya.

Untuk diketahui sebelumnya DPRD Kota Kendari bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyepakati anggaran penangana Covid-19 di Kota Kendari sebesar Rp 51 miliar.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...