Kadis PTSP Kota Kendari : Kampung Bakau Tidak Memiliki Izin Usaha

Kepala Dinas PM-PTSP Kota Kendari, Satria Damayanti. (Haerun)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Kendari belum mengeluarkan izin usaha rumah makan Kampung Bakau.

-Advertisements-

“Setelah dicek rumah makan Kampung Bakau belum ada izin usahanya, yang ada itu hanya Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan oleh lembaga Online Single Submisson (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) secara online,” kata Kepala Dinas PM-PTSP Kota Kendari, Satria Damayanti saat ditemui di kantornya, Senin 10 Agustus 2020.

Satria Damayanti mengakui, rumah makan Kampung Bakau sudah memiliki NIB yang didaftarkan secara pribadi di lembaga OSS secara online. Tapi, lanjut dia, setelah melakukan pendaftaran di OSS harus melakukan pemenuhan komitmen ke Dinas PM-PTSP Kota Kendari untuk melakukan pemenuhan komitmen.

“Yang bersangkutan ketika sudah melakukan pendaftaran di OSS harus ada pemenuhan komitmen mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin lingkungan yang harus dipenuhi, setelah itu ada izin usaha yang akan dikeluarkan oleh PTSP. Tapi yang bersangkutan tidak pernah datang di kantor,” jelasnya.

Lanjut dia, meskipun ada izin usaha atau NIB secara online rumah makan Kampung Bakau tidak serta menjalankan kegiatan usahanya. Sebab, usahanya belum legal.

“Legalitas usahanya belum legal karena belum melakukan pemenuhan komitmen di PTSP untuk mendapatkan izin ke pemerintah daerah dalam hal ini Pemkot Kendari,” jelasnya.

Terkait IMB, kata Satria Madayanti, setelah berkoordinasi dengan tata ruang ternyata rumah makan Kampung Bakau tidak memiliki IMB, karena di lokasi tersebut masuk Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kampung Bakau itu tidak memiliki IMB. Sudah pasti tata ruang tidak mengeluarkan IMB, karena kawasannya bukan kawasan perdagangan jasa, tapi masuk kawasan Ruang Terbuka Hijau,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...