Bangunan Tak Miliki IMB di Buteng Bakal di Bongkar

279
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan memberikan sanksi pembongkaran bangunan yang tidak memiliki Izin Memdirikan Bangunan (IMB)

Plt Kepala DPM-PTSP Buteng, Irwan Seni Rajab mengatakan, pada tahun 2020 ini dinasnya baru mengeluarkan 29 IMB.

- Advertisement -

Meskipun ai mengaku sudah sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya bangunan memiliki IMB.

“Fungsi IMB inikan merupakan pengendalian terhadap pemanfaatan ruang, jadi bangunan yang tidak memiliki IMB maka bangunannya akan di bongkar,” tegasnya.

Lanjut dia, kendala yang sering dihadapi masyarakat dalam pengurusan izin antara lain kurangnya pemahaman terkait pengurusan izin serta kurangnya jasa gambar standar arsitek. Yakni gambar secara ilmiah yang dapat di pertanggungjawabkan.

“Masyarakat Buteng sering mengalami kendala untuk mencari jasa gambar, sebab dalam gambar harus standar arsitek sesuai prosedur yang ditetapkan sehingga bisa dipertangungjawabkan, itu merupakan salah satu persyaratan yang menjadi kendala,” terangnya .

Irwan mengakui, masih ada sekitar 50 persen lebih bangunan di Buteng belum mengurus IMB. Namun, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat, sebab IMB merupakan suatu kewajiban.

Kata dia, saat ini pemerintah daerah terus melakukan upaya menyelesaikan persoalan masyarakat yang belum memiliki IMB. Bahkan daerah yang dipimpin Samahuddin itu berencana akan melakukan pemutihan IMB.

“Sempat kita merencanakan untuk melakukan pemutihan IMB, dimana akan di fokuskan pada bangunan-bangunan yang sudah dihuni dan khsusnya untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah,” ungkapnya.

“Bupati sudah setuju untuk melakukan pemutihan IMB, kita juga sudah siapkan tinggal diajukan, namun karena permasalahan Covid-19 maka di tunda, rencananya,” harapnya.

Reporter: LM Arianro

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...