Jemput Bola di Masa Covid-19, Dinas Dukcapil Baubau Gagas Integrasi Data dengan 14 OPD

232
 

Baubau, Inilahsultra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau mempunyai ide untuk kemudahan pelayanan terhadap masyarakat.

Dinas Dukcapil Baubau menggagas Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal pemanfaatan data administrasi kependudukan (Adminduk).

- Advertisement -

Diantaranya, Dinas Kesehatan, RSUD, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bappeda, serta Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Baubau.

Kepala Dinas Dukcapil Baubau Arif Basari menuturkan, program PKS tersebut digagas sesuai instruksi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Tujuannya untuk mengintegrasikan data kependudukan ke beberapa OPD agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Arif di ruang kerjanya, Senin 16 November 2020.

Kata dia, manfaat integrasi data kependudukan itu, yakni nantinya warga tidak perlu lagi repot datang ke kantor untuk mengurus Adminduk seperti Akta Kelahiran anggota keluarga baru.

“Contohnya, jika data kependudukan sudah terintegrasi dengan rumah sakit, maka warga sudah bisa mengurus Akta Kelahiran sekaligus Kartu Identitas Anak (KIA) langsung dari rumah sakit tempat bayi dilahirkan,” ujarnya.

Langkah tersebut, lanjut dia, untuk mengurangi kerumunan terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Seperti pembuatan akta dan KIA itu lama prosesnya dan tidak mungkin kita biarkan masyarakat berkerumun. Makanya kita jemput bola dengan sistem integrasi data ini,” pungkasnya.

Mantan Kabag Tapem Setda Baubau ini menambahkan, saat ini pihaknya sudah mengirimkan draf PKS 14 OPD tersebut Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk disetujui.

Setelah itu akan dikoordinasikan kembali dengan OPD untuk persiapan pelaksanaan PKS tersebut. (ADS)

Reporter: Muhammad Yasir

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibuwajibpakaimasker
#ingatpesanibuwajibjagajarak
#ingatpesanibuwajibcucitangan
#wajibpakaimasker
#wajibjagajarak
#wajibjagajarakhindarikerumunan
#wajibcucitangan
#wajibcucitangandengansabun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...