Didampingi Dinas Pertanian, Senator DPD RI Wa Ode Rabia Serahkan Alsintan ke Petani Konawe

398
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tenggara, Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Dinas Pertanian Kabupaten Konawe.

Kegiatan Penyerahan bantuan Alsintan ini diLakukan di Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Konawe, Selasa 1 Desember 2020.

- Advertisement -

Bantuan Alsintan itu berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan). Adapun jenis bantuan yang diberikan yaitu 3 unit traktor roda dua dan 20 unit mesin pompa 3 inc.

“Bantuan ini pengadaannya berasal dari APBN Pusat. Semoga dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik, agar efektif meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Rabia.

Ditambahkannya, pembangunan pertanian untuk kedaulatan pangan memang menjadi salah satu prioritas pemerintah. Untuk itu, indikasi keberhasilan kedaulatan pangan yakni bila kebijakan pangan dapat diatur secara mandiri, serta petani sebagai pelaku utama usaha pertanian terlindungi dan terjamin kesejahteraannya.

Rabia menjelaskan, berbagai program untuk mendukung pencapaian produksi pertanian seperti penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pertanian tetap dilaksanakan.

“Salah satu kegiatan untuk pencapaian program tersebut yaitu dengan penyediaan alat mesin pertanian sehingga akan terwujud modernisasi pertanian,” ujarnya.

Kemudian Rabia mengatakan, dengan menggunakam alsintan yang modern dapat menunjang program Pemerintah Kabupaten Konawe yang menjadi lumbung pangan Sulawesi Tenggara.

“Dengan alsintan yang moderen, proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien,” kata Rabia.

Anggota Komite II DPD RI juga menyampaikan agar bantuan alsintan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dipelihara dengan baik dan dioperasionalkan sesuai standar operasionalnya masing-masing.

“Perlunya pendampingan dari Dinas Pertanian, supaya alat dengan standar yang sudah bagus ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Rabia menjelaskan bahwa Penerima alsintan bantuan pemerintah inipun diatur bersama dan ditetapkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, setelah melalui proses verifikasi yang berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian RI.

“Kadang di lapangan terjadi salah paham mengenai bantuan alsintan yang pemerintah berikan. Petani kerap beranggapan, alsintan bisa langsung dibawa pulang,” ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, alsintan tersebut untuk didistribusikan kepada kelompok tani yang sudah terdata mendapat bantuan pemerintah.

“Memang masih banyak kelompok petani yang belum mendapatkan alsintan. Ini hanya masalah waktu saja, tapi kami upayakan bisa intens setiap tahunnya,” tutur Rabia.

Dalam kesempatan tersebut Rabia berpesan agar Dinas Pertanian menyiapkan generasi milenial karena di era sekarang ini sudah tidak banyak lagi kader-kader muda yang siap bekerja di sektor pertanian.

“Pertanian merupakan sektor krusial (penting) yang harus disiapkan untuk menjaga kedaulatan pangan di Kabupaten Konawe, sekaligus untuk menambah kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kabid PSP Kabupaten Konawe mengatakan terima kasih kepada Anggota DPD RI Dapil Sultra ini atas bantuan alsintan tersebut.

“Kami tidak menilai banyaknya tetapi keseriusan ibu dalam membantu kami, ini tentu saja akan membantu beberapa Poktan dan dapat meringankan beban Pemda akan ketersediaan alsintan,” ucapnya.

Selain itu, Kabid PSP juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang sudah menurunkan program bantuan ini di Kab. Konawe.

“Semoga kedepannya akan ada lagi bantuan ini guna menunjang sektor pertanian di Kabupaten Konawe,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan penyerahan alsintan ini dihadiri oleh Kabid PSP Kabupaten Konawe beserta jajaran, petani penerima, dan masyarakat setempat.

Penulis : Iqra

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...