BNNP Sultra Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di Pesantren Tahfizul Quran Barakati

579
Foto bersama Ketua Pondok Pesantren H. Adi Andi Barakati, Penyuluhan narkoba BNNP Sultra, M. Syarif serta para santri.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar penyuluhan atau sosialisasi mengenai bahaya penyalagunaan narkoba di Pondok Pesantren Tahfizul Quran Barakati, Jalan Jambu Mete Kelurahan Anggoeya, Kota Kendari, Kamis 21 Januari 2021.

-Advertisements-

Dalam kegiatan tersebut, dirangkaikan dengan pemberian bahan kontak berupa Mug Custumize secara simbolis kepada Ketua Pondok Pesantren H. Adi Andi Barakati oleh penyuluh narkoba BNNP Sultra, M. Syarif.

M. Syarif mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini agar santri/santriwati Pondok Pesantren Tahfizul Quran Barakati, bisa menjadi imun. Dalam artian mampu memproteksi dirinya dalam mencegah bahaya narkoba dan mampu menerapkan pola hidup sehat.

Dijelaskannya, Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, ataupun berhalusinasi.

“Jadi ada yang namanya Halusinogen yaitu efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu hal atau benda yang sebenarnya tidak ada ataupun tidak nyata bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu. Dan saya juga berharap agar kita semua selalu dalam lindungan yang maha kuasa dan dijauhkan dari narkoba yang dapat merusak organ tubuh manusia,” katanya.

Selanjutnya ia menyebutkan, jenis-jenis narkotika yakni narkotika golongan 1, golongan 2, golongan 3, narkotika jenis sintesis, narkotika jenis semi sintesi dan narkotika jenis alami.

“Orang yang memakai narkoba dapat terlihat dari ciri-ciri fisiknya. Berat badan turun drastis, mata cekung dan merah, muka pucat dan bibir kehitaman, tanda berbintik merah, seperti bekas gigitan nyamuk, Ada bekas luka sayatan dan terdapat perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan,” imbuhnya.

Cara untuk menghindari penggunaan narkoba yang dilansir dari situs Badan Narkotika Nasional (BNN) yakni :

Pertama, mengetahui serta menyadari jika narkoba atau narkotika membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh serta kehidupan, contohnya terjerat kasus hukum dan yang paling fatal adalah kehilangan nyawa.

Kedua, mencari tahu serta menggali potensi diri dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengerjakan berbagai hal positif untuk perkembangan diri.

Ketiga, menolak dengan tegas ajakan untuk mengonsumsi narkoba atau alkohol.

Keempat, memiliki pendirian yang teguh. Jika diajak serta dipaksa untuk mengonsumsi narkoba atau narkotika, tolak dengan tegas.

Reporter : Iqra Yudha

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
-Advertisements-
loading...