Pelaksana Kades Lamoluo Konkep Didemo Masyarakatnya

193
Kadis BPMD saat berdialog dengan massa aksi.

Konkep, Inilahsultra.com – Kepala Desa (Kades) LamoLuo Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan disoal oleh sejumlah masyarakatnya. Pasalnya Muh Djunaidy yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Kades LamoLuo diduga tidak transparan dalam penggunaan dana desanya dan gaji perangkat desanya yang belum dibayarkan selama 3 bulan yakni, Oktober sampai Desember 2020.

Sejumlah masyarakat Desa LamoLuo yang dibantu oleh Aliansi Pemerhati Kebijakan Publik (PKP) menggelar aksi demonstrasi didepan kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) guna mempertanyakan hal tersebut, Kamis, 21 Januari 2021.

- Advertisement -

Setelah beberapa menit melakukan orasi, massa aksi langsung ditemui Kepala Dinas BPMD untuk berdialog guna mencari solusinya.

Saat berdialog, Candra Adiatma selaku Koordinator Lapangan (Korlap) menjelaskan apa yang menjadi pokok permasalahannya, pada saat Musyawara Desa (Musdes) dibulan Agustus tahun 2020 lalu, masyarakat bersama pemerintah Desa Lamoluo sepakat dengan hasil Musdes untuk pengadaan alat tukang dan alat perbengkelan. Tapi hasil Musdes tersebut belum terealisasi sampai saat ini.

“Kebijakan yang dilakukan pelaksana desa tidak pro terhadap masyarakat, ditahun 2020 gaji perangkat desa belum dibayarkan dan pembangunan polindes yang tidak transparan serta tidak diketahui apakah status lahannya hibah atau dibeli dengan dana desa,” jelas Candra Adiatma dihadapan kepala Dinas BPMD Konkep.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas BPMD Konkep Mihdar menjelaskan, Untuk memeriksa lebih detail terkait pembangunan di Desa itu bukan wewenang kami. Kami hanya memastikan pembangunan di Desa itu ada atau tidak adanya saja.

“Kami hanya mencek apakah kegiatan mereka di desa masing-masing sudah terlaksana atau belum, untuk meneliti secara detail itu harus ada teman kami dari inspektorat, kami ini mendampingi mereka apakah kegiatan mereka itu ada atau tidak” tuturnya.

Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Wawonii itu, sangat menyayangkan apa yang telah dilakukan oleh pelaksana Desa Lamoluo terkait gaji perangkat desa yang belum dibayarkan selama 3 bulan tersebut.

“Karna selama ini sepengetahuan kami suda dibayarkan tapi kalau memang demikian kondisinya nanti kami telusuri, kalau memang itu belum dibayarkan harus dibayarkan apa lagi ini kalau yang menyangkut hak orang” tambahnya.

Reporter : Sadaruddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...