Tiga Kabupaten di Sultra Resmi Dijabat Plh Bupati

161
Pelantikan tiga Plh Bupati. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi menyerakan surat keputusan (SK) tentang penunjukan Pelaksana harian (Plh) Bupati Konawe Kepuluan (Konkep), Buton Utara (Butur) dan Kolaka Timur (Koltim), karena masa jabatan bupati wakil telah berakhir.

-Advertisements-

Plh Bupati tiga daerah tersebut diisi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) masing-masing. Sekda Konawe Kepulauan, Ir. Cecep Trisnajaya, Buton Utara, Yeni Indrawati, dan Kolaka Timur, Eko Santoso Budiarto. Ketiga resmi menerima SK di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Selasa 16 Februari 2021.

Ali Mazi mengatakan, tiga kabupaten yang diisi oleh Plh merupakan daerah yang ikut terlibat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 kemarin, sehingga kekosongan jabatan bupati.

“Untuk menghindari kekosongan dan proses pemerintahan berjalan dengan baik. Saya langsung tunjuk Sekda menjadi Plh Bupati. Penunjukan tersebut merupakan aturan pemerintah pusat,” kata H. Ali Mazi.

Orang nomor satu di Sultra ini menjelaskan, ketiga Plh Bupatu memiliki tugas yang sangat terbatas. Tidak berhak melakukan tindakan strategis yang berdampak pada status kepegawaian seseorang, karena itu hanya bisa dilakukan oleh bupati definitif.

“Jangan sampai Plh Bupati tiba di tempat masing-masing langsung melantik OPD di daerah. Itu tidak boleh dilalukan,” jelasnya.

Untuk itu, Ali Mazi meminta para Plh Bupati yang telah ditunjuk wajib melaporkan segala pekerjaan selama menjabat kepada Gubernur.

“Saya berpesan agar Plh yang ditunjuk dapat miningkatkan disiplin, daya guna dan kinerja ASN di daerah masing-masing serta memelihara hubungan yang harmonis antara intansi pemerintahan demi kelancaran tugas,” tutupnya.

Untuk diketehui, kegiatan penyerahan SK tersebut tetap mematuhi protokol kesehata dengan memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan bahkan sebelum masuk dalam ruangan seluruh tamu undangan wajib menjalani rapid test.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...