Asrun Lio: Pj Gubernur Sultra Minta OPD Percepat Realisasi Anggaran

Sekda Provinsi Sultra H Asrun Lio menjadi Inspektur Upacara dalam apel gabungan ASN Lingkup Pemprov Sultra di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 23 Oktober 2023. (Foto: Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam apel gabungan ASN Lingkup Pemprov Sultra di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin 23 Oktober 2023.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Asisten Setda Sultra, Staf Ahli Gubernur Sultra, Kepala OPD, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Lingkup Pemprov Sultra, Pejabat Fungsional dan seluruh staf Pemprov Sultra.

-Advertisement-

Dalam kesempatan itu, Asrun mengungkapkan, Pj Gubernur Sultra Andap Budi Revianto sedang melakukan cek spot. Sejak pagi hari sudah berkeliling di sekitar lokasi tempat kerja untuk memastikan lingkungan yang berada di Bumi Praja Kantor Gubernur Sultra benar-benar dijaga dan dirawat.

“Kita harus perduli pada lingkungan kita, dan masing-masing kita harus bisa melihat serta memastikan kebersihan di lingkungan kerja masing-masing,” tutur Asrun Lio saat mewakili Pj Gubernur Sultra memimpin apel gabungan.

Asrun menambahkan, dalam arahan Pj Gubernur Sultra disebutkan ada beberapa provinsi mengalami defisit APBD, termasuk Provinsi Sultra. Meski begitu, secara umum postur dan struktur APBD Sultra dinyatakan sehat.

Menurut Asrun, ada beberapa hal yang menjadi atensi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Diantaranya, serapan anggaran Pemprov Sultra sampai dengan awal Oktober baru mencapai 65,62 persen. Angka tersebut masih sangat minim di banding dengan yang seharusnya dicapai.

“Oleh karena itu, saya mengimbau semua perangkat daerah segera melakukan percepatan realisasi anggaran,” lanjutnya.

Kemudian, realisasi pajak per 16 Oktober tahun 2023 sebesar 72,58 persen dan realisasi sektor retribusi sebesar 54,66 persen. Melihat itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang merupakan lini sektor paling utama dalam pendapatan daerah ini perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi-potensi sumber pertambangan.

“Inspektorat harus melakukan optimalisasi pengawasan pada APBD tahun 2023. Mengantisipasi fenomena El-Nino, perjalanan dinas yang harus selektif berdasarkan urgensi, begitu juga belanja-belanja harus disesuaikan peruntukannya,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments