Dewan Menilai Tumpahan Ore Nikel Berefek Pada Biota Laut di Perairan Laonti

73
Kapal Tongkang diduga milik PT. Gerbang Multi Sejahtera (GMS) yang karam dan menumpahkan ore nikel di perairan Laonti Konawe Selatan (IS).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal tindaki lanjuti tumpahan ore nikel yang diduga milik PT. Gerbang Multi Sejahtera (GMS) di Laut Laonti Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

-Advertisements-

Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi menilai, terkait tumpahan material ore nikel yang kabarnya milik PT.GMS itu pasti memiliki efek terhadap biota laut di perairan Laonti.

“Itu ada efeknya kepada biota laut. Kami akan tindaklanjuti dan kebetulan perhubungan mitra kami. Insyah Allah segera kami tindaklanjuti minggu depan,” kata Suwandi di kantor DPRD Sultra, Senin 7 Juni 2021.

Kapal tersebut mengalami kebocoran dan melakukan pengelasan di tengah laut, Suwandi menegaskan, setiap kapal tongkang haruslah naik dok guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berlayar termasuk adanya kebocoran yang akhirnya mengakibatkan karamnya kapal tersebut.

“Harusnya setiap kapal itu harus naik dok setiap tahun. Ada tempat doknya dan tidak bisa melakukan perbaikan di tengah laut,” tegasnya.

Terkait pernyatan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sultra, Politikus PAN itu juga menerangkan, Komisi III bakal memanggil Dinas Perhubungan, PT. GMS dan Syahbandar.

“Kita akan tanyakan kebocoran kapal tongkang dan tumpahan ore nikel yang dinilai mencemari laut, karena
melepas kapal itu dengan segala-galanya bukan cuma surat verikikasi tentang pemuatan tapi kesiapan kapal harus dicek betul,” tutupnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Bidang Tata Lingkungan (DLH) Sultra, Untung Ratu menerangkan, apa yang terjadi di laut Laonti tersebut memang dapat mencemari lingkungan. Terlebih jika material ore nikel tongkang itu jatuh di perairan.

“Memang kalau materialnya jatuh di laut maka menjadi pencemaran lingkungan terutama biota laut,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...