Nama Dua Pahlawan Nasional Asal Buton Ditetapkan Sebagai Nama Jalan

Bupati Buton La Bakry saat mengikuti kegiatan jalan sehat di Kecamatan Lasalimu, Kamis 11 November 2021.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Nama Pahlawan Nasional yang berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara, Komjen Polisi Moehammad Jasin dan Sultan Himayatuddin Muhamad Saidi (Oputa Yi Koo) ditetapkan sebagai nama jalan di Kabupaten Buton.

Hal itu disampaikan Bupati Buton La Bakry pada kegiatan jalan sehat sekaligus vaksinasi masal kerjasama antara Karang Taruna Kecamatan Lasalimu dengan Puskesmas Lasalimu, di Pelataran Kantor Camat Lasalimu, Kamis 11 November 2021.

“Hari ini masih dalam suasana peringatan Hari Pahlwan dan Alhandulillah tepat 10 November kemarin bertepatan dengan upacara peringatan hari pahlawan, kita sudah meresmikan 2 nama jalan utama di ibukota Kabupaten Buton yaitu Jalan Komjen Polisi Moehamad Jasin dan Jalan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo),” kata Ketua DPD Partai Golkar Buton ini.

Dia mengungkapkan, masih banyak orang Buton yang belum mengetahui sejak 2 tahun lalu sudah ada 2 putra terbaik eks Kesultanan Buton yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Keduanya yaitu, pendiri Brimob saat peristiwa 10 November di Surabaya yang saat itu beliau sebagai ujung tombak yang diusulkan sendiri oleh pemerintah Jawa timur sebagai pahlawan Nasional. Dan yang ke 2 adalah La Karambau atau yang diberi gelar Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) yang sejak 2 tahun lalu oleh Pemerintah Republik Indonesia menyematkan gelar pahlawan nasional.

Oleh karena itu, lanjut Ketua Umum DPW Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Sulawesi Tenggara ini, sebagai orang Buton patut bangga dan harus meneruskan perjuangan mereka yang memiliki nilai-nilai heroik dalam membela kebenaran.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...