Tahun Ini, Pendaftaran Beasiswa SamaTau Dipercepat

227
Ahmad Nasmudin
Bacakan

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) kembali membuka pendaftaran beasiswa pendidikan SamaTau bagi mahasiswa. Pembukaan pendaftaran pada Januari 2022 ini.

-Advertisements-

Kabag Kesra Setda Buteng Ahmad Nasmudin menuturkan, pihaknya mempercepat proses pendaftaran dan penerimaan beasiswa karena kedepan kegiatan sangat padat. Salah satunya persiapan menghadapi MTQ.

“Yang pasti, pendaftaran beasiswa SamaTau dibuka Januari ini. Nomenklaturnya sementara disusun, jika sudah selesai, akan disodorkan ke Bupati untuk diteken,” tuturnya, Rabu 12 Januari 2022.

Ahmad mengakui, anggaran beasiswa SamaTau yang disiapkan tahun ini sebesar Rp 950 juta. Nominal tersebut lebih sedikit dibanding dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1 miliar alias berkurang Rp 50 juta.

Kata dia, berkurangnya anggaran untuk beasiswa SamaTau karena porsi APBD untuk Kesra juga berkurang. Hal ini bisa saja berdampak pada kuota calon penerima beasiswa, termasuk nominal perorang.

Ahmad merinci, penerima beasiswa SamaTau untuk mahasiswa berprestasi asal Buteng pada tahun lalu sekitar 489 orang. Masing-masing, beasiswa tidak mampu 340 orang dan beasiswa prestasi 149 orang.

“Kemungkinan bisa berkurang, bisa juga bertambah. Dilihat lagi jumlah pendaftar nanti ada berapa orang,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, kriteria penerima beasiswa akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, yang sebelumnya IPK dipatok 3,25, maka tahun ini akan di dongkrak lagi agar persaingan belajar lebih ketat.

“Khusus beasiswa S3 tahun ini ditiadakan sebab pada umumnya mereka sudah ada mata pencaharian khususnya tidak lagi masuk dalam prioritas,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...