Kodim 1413 Buton Sosialisasi Pembentukan Komcad

70
Sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) di Ruang Data Markas Kodim 1413 Buton, Selasa 22 Maret 2022. (Foto: Istimewa)

Baubau, Inilahsultra.com – Kodim 1413 Buton menggelar sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) di Ruang Data Markas Kodim 1413 Buton, Selasa 22 Maret 2022.

Sosialisasi ini melibatkan pemerintah daerah di wilayah teritorial Kodim 1413 Buton, mulai dari Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi dan Bombana, yang dihadiri oleh kepala Kesbangpol masing-masing serta pelibatan perguruan tinggi.

- Advertisement -

Dandim 1413 Buton Letkol Arm Muhamad Faozan menuturkan, pembentukan Komcad ini sesuai dengan PP Nomor 3 Tahun 2021 tanggal 12 Januari 2021, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Komcad dibentuk atas dasar kepentingan pertahanan negara pada saat keadaan darurat, rencana perekrutan diperuntukan bagi setiap warga negara yang berminat dan bersifat sukarela,” tuturnya.

Kata dia, pihaknya mulai mensosialisasikan pembentukan Komcad sekaligus perekrutan personil karena Kementerian Pertahanan RI rencana merekrut 25.000 orang untuk dijadikan personil Komcad.

“Olehnya itu, dengan dilibatkannya Pemda dan perguruan tinggi bersama Komando Teritorial (Koter) dalam sosialisasi diharapkan rekrutmen personil didominasi yang sudah memiliki status mulai dari PNS, karyawan swasta, Mahasiswa dan beberapa latar belakang lainnya di wilayah masing masing,” katanya.

Perwira TNI dua melati ini mengatakan, pendaftaran Komcad dibuka secara online melalui https://komcad.kemhan.go.id mulai 1 Maret-8 Mei 2022. Selanjutnya, pendaftar akan menjalani seleksi administrasi. Kemudian, pembentukan Komcad 9-11 Mei, dan seleksi kompetensi 12-27 Mei. Pendaftar yang dinyatakan lulus melaksanakan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) 30 Mei-27 Agustus 2022.

“Calon personil dididik selama 3 bulan di Rindam masing-masing Kotama yang ditunjuk, termasuk Kodam XIV Hasanuddin sampai akhirnya dilantik sebagai personil Komcad,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...