Gubernur Sultra Kukuhkan Pengurus Himiteka Buton

Gubernur Sultra Ali Mazi saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan pengurus Himiteka Buton periode 2023-2024 di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Kamis 30 Maret 2023.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menghadiri acara pengukuhan organisasi dan penetapan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Institut Teknologi Kelautan (Himiteka) Buton di Kampus ITK Buton Kecamatan Pasarwajo, Kamis 30 Maret 2023.

Gubernur Sultra Ali Mazi selaku Pendiri Yayasan Sultra Raya 2020 dengan resmi mengukuhkan Himiteka Buton sebagai organisasi resmi kemahasiswaan ITK Buton dan Ramli sebagai Ketua Umum Himiteka Buton Periode 2023-2024.

-Advertisement-

“Saya percaya bahwa organisasi ini akan menjadi wadah utama untuk membangun biru, dibidang kemahasiswaan ITK Buton dan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan tanggungjawab yang telah diberikan,” kata Ali Mazi.

Sementara, Sekjend Himitekindo, Ridwan Rafsanjani mengatakan, acara ini merupakan skala internasional dengan konsep membuat pertemuan mahasiswa-mahasiswa kelautan di Indonesia yang akan dihadiri 40 universitas. Oleh karena itu, organisasi ini yang berbasis maritim dan kelautan yang baru terbentuk menyambut baik pembentukan Himiteka Buton.

“Sehingga mulai dari kami mengkader mahasiswa baru serta mengkonsep hal-hal mengenai pendekatan dan karakter mahasiswa baru,” ungkapnya.

Rektor ITK Buton, Prof. La Sara mengatakan, organisasi yang dibentuk ini menjadi wadah untuk menyatukan pendapat seluruh mahasiswa kelautan.

Pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Sultra Raya Asrun Lio membacakan 3 (tiga) poin penting dari Ketua Yayasan Alvin Akawijaya Putra.

Pertama. Ketika mengikuti asessmen dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) demi memperoleh izin penyelenggaraan ITK Buton sudah berhasil menyakinkan para profesor penguji bahwa institusi ini amat penting bahwa peran aktif dan mengambil elemen citra bakal pemanfaatan pengelolaan kelautan di sekitar perairan Pulau Buton.

Kedua, kesan Ketua Yayasan ITK Buton, telah memiliki mahasiswa full semangat, terbukti saat dibuka 120 mahasiswa dari 3 jurusan yang ada. Untuk mahasiswa sebagai agen perubahan dan agen kontrol sosial dalam pembangunan harus diberikan saluran untuk meningkatkan kapasitas melalui suatu himpunan

Ketiga, waktu dekat ini akan menghadapi tahun politik, mahasiswa ITK Buton sebagai insan yang mempunyai hak menentukan pilihannya.

Pada kersempatan ini, Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Rektor ITK, Pembina Yayasan, dan Pj. Bupati Buton menyerahan secara simbolis seragam ITK Buton kepada perwakilan mahasiswa.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan hibah 1 paket alat selam dari Pemprov. Sultra kepada ITK Buton.

Gubernur Sultra Ali Mazi menambahkan, Prof La Sara merupakan rektor pertama ITK Buton memiliki kemampuan yang telah teruji baik didalam negeri maupun diluar negeri.

“Kami berdua sudah pernah melakukan presentasi di Belgia dan Amerika sehingga kekayaan alam terkhusus dibidang kelautan yang sangat luar biasa, akan dibangun di Indonesia, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton,” ujar Ali Mazi.

Makanya, kampus ITK ini dibangun dan didirikan bukan seperti kampus-kampus lain. Kampus ini akan melakukan pembinaan minat dan bakat sehingga kekayaan sumber daya alam bangsa Indonesia yang berlimpah bisa dikelola dengan baik dan benar.

Oleh karena itu, mahasiswa ITK Buton tidak boleh bermain-main. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari ilmu, bila perlu ITK melakukan kunjungan dan bekerjasama dengan luar negeri. (ADV)

Facebook Comments