Dekranasda Baubau Siap Fasilitasi Hasil Olahan Pelaku Industri Kreatif

Ketua Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar pelatihan keterampilan membuat Handicraft (kerajinan tangan) dengan memanfaatkan limbah kain perca kepada pengrajin UMKM di Hotel Mira Kota Baubau, Rabu 20 September 2023.

Selain memberikan pelatihan, Pemkot Baubau juga akan mengupayakan pemasaran hasil produk olahan industri kreatif dari pengrajin UMKM tersebut.

-Advertisement-

Senada dengan itu, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau juga turut mengambil peran dalam memperkenalkan produk olahan industri kreatif tersebut.

Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse menuturkan, sudah bekerjasama dengan beberapa instansi terkait mulai dari Dinas Koperasi serta Dinas Perindag untuk pelatihan dan pemagangan bagi pelaku industri kreatif yang ada di Kota Baubau.

Menurutnya, Dekranasda adalah penghubung yang berkoordinasi dengan pemerintah melalui dinas terkait agar hasil olahan industri kreatif ini diikutsertakan dalam pameran untuk memperkenalkan produk mereka, baik pameran tingkat Kota Baubau, provinsi ataupun nasional.

“Ini adalah hal baru di Kota Baubau untuk pengrajin kita, dengan memanfaatkan limbah kain perca,” tuturnya kepada wartawan usai memberikan pemaparan kepada peserta pelatihan.

Sehingga dengan cara seperti ini, lanjut dia, perlahan-lahan sampah khususnya sampah kain perca itu tidak akan ada lagi karena sudah dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat atau menjadi buah tangan (handicraft) yang punya nilai ekonomi tinggi.

“Saya kira ini akan sangat bagus karena mengingat juga Kota Baubau dalam pengolahan dan distribusi sampah agak sedikit mengalami kendala karena memang sarana prasarana kita belum terlalu memadai,” ujarnya.

Kata dia, peluang industri kreatif di Kota Baubau ini sangat besar karena kota jasa yang didukung dengan letak yang sangat strategis, semua yang mau ke barat ataupun timur akan melewati Kota Baubau.

“Mari kita memanfaatkan peluang itu, mulai dari bermitra dengan Bandara ataupun Pelabuhan untuk menyimpan space (ruang) disana untuk menjadi lokasi display (pajangan) produk-produk industri kreatif kita,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments