Pj Gubernur Sultra Jadi Irup Peringatan HKN ke-59 dan Hari Guru Nasional

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com– Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 dan Hari Guru Nasional di Halaman Kantor Gubernur Sultra, Sabtu 25 November 2023.

Turut hadir, Sekda Sultra, Kakanwil Kemenkum HAM Sultra, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sultra, para Asisten, para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sultra, Pj Walikota Kendari, para Guru SMA dan SMK se Sultra serta seluruh peserta upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto membacakan dua sambutan menteri, meliputi sambutan Menteri Kesehatan RI, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Usai membacakan sambutan dua menteri, Andap mengucapkan terima kasih atas dedikasi pengabdian rekan-rekan dokter, tenaga kesehatan, guru dan tenaga pendidik, yang hari ini sebagai perwakilan seluruh rekan-rekan yang berada di seluruh Sultra.

“Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan segera mengeksekusi dan menindaklanjuti arahan yang sudah jelas. Dan juga, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan rekan-rekan luar biasa, sehingga bangsa yang besar harus dapat menghargai jasa pahlawannya, menjadi perhatian kita bersama,” tuturnya.

Orang nomor satu di Bumi Anoa tersebut meminta tim anggaran Pemprov Sultra agar yang menjadi hak guru jangan diabaikan. Menurutnya, para guru yang ada di lingkup Pemprov Sultra merupakan pekerja di bidang pengajaran dan pendidikan Pemprov sendiri, pada posisi sebagai pemberi kerja ada hak dan kewajiban bagi pekerja.

“Pemprov memiliki kewajiban membayarkan upah dan tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, bagi para guru, apapun status kerjaannya khususnya PNS dan PPPK,” ujarnya.

Secara khusus BPKAD dan Dinas Pendidikan, lanjut dia, untuk menyusun permintaan percepatan turunnya APBN 2023, yang menjadi hak para guru di Sultra.

“Meliputi dana tambahan penghasilan guru, kemudian tunjangan khusus guru, tunjangan profesi guru dan yang belum secara optimal dilaksanakan termasuk dari bagi para guru yang berstatus PPPK adalah Dana Alokasi Umum,” tandas Andap.

Untuk diketahui, dalam upacara peringatan tersebut Pj Gubernur Sultra juga menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan tingkat nasional, tenaga kesehatan tingkat provinsi.

Kemudian penyerahan penghargaan kepada tenaga kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sultra yang telah purna bakti tahun 2023, penyerahan penghargaan kepada guru berprestasi hingga penyerahan beasiswa kepada siswa SMA.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments