Tenunan Baubau di Indonesia Fashion Week 2024 Laris Terjual

Ketua Dekranasda Kota Baubau, Reffiani Dwiatmo Rasman saat diwawancarai sejumlah wartawan pada even Indonesia Fashion Week di Cenderawasih Hall Jakarta Convention Center, Kamis 28 Maret 2024. (Foto: Istimewa)
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi Sultra pada ajang Indonesia Fashion Week 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center, Kamis 28 Maret 2024. Pada ajang ini menampilkan hasil rancangan tenunan dengan desain sendiri dan berhasil menarik minat pengunjung.

Bahkan, tenunan Kota Baubau banyak laku terjual pada saat Indonesia Fashion Week di Jakarta Convention Center.

-Advertisement-

“Alhamdulillah, sesuai dengan yang kita harapkan, hasil rancangan yang baik dan animo teman-teman yang hadir juga lumayan besar dan hari ini juga kita buat pameran dan Alhamdulillah banyak yang terjual dari apa yang kita bawa dari Baubau dan mudah-mudahan juga ini menjadi energi positif bagi masyarakat khususnya teman-teman penenun di Kota Baubau,” ujar ketua Dekranasda Kota Baubau, Reffiani Dwiatmo Rasman kepada Kadis Kominfo Kota Baubau H Andi Hamzah Machmud, S.Sos, M.Si di arena Indonesia Fashion Week Jakarta Convention Center.

Menurut Reffiani Dwiatmo Rasman, Dekranasda Kota Baubau dalam mendukung dan melestarikan tenunan itu memang harus banyak membuat even atau mengikuti sebuah even dan itu juga bergantung pada support Pemkot Baubau.

Kemudian, lanjut dia, hal ini juga menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi Dekranasda Kota Baubau untuk membuat produk turunan tenunan. Pasalnya, jika hanya mengandalkan produk kain tenunan hanya sedikit pembeli.

“Tetapi kalau sudah diolah menjadi sebuah tas, sendal, sepatu, baju, ataupun kaos itu biasanya lebih cepat laku dibandingkan kain tenunan saja,” ungkapnya.

Dalam ajang Indonesia Fashion Week 2024 ini, tambah Reffiani, Dekranasda Kota Baubau bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara berkolaborasi di satu stand. Namun untuk desainer memakai desainer sendiri.

“Harapan kita bisa banyak mengikuti even sehingga Baubau banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sekarang kalau kita menyebut Baubau itu belum banyak yang tau itu dimana. Jadi dengan banyak kita mengikuti even, banyak kita memperkenalkan Kota Baubau, Insya Allah tenun Baubau menjadi maju dan Baubau sendiri pun lebih dikenal. Apalagi Pak Pj Wali Kota Baubau punya cita-cita menginginkan Kota Baubau menjadi Hub maritim di Indonesia Timur,” tuturnya. (Din)

Facebook Comments