Disperindag Bakal Gelar Operasi Gudang dan Pasar

536

Darmin

Kendari, Inilahsultra.com- Mengantisipasi lonjakan harga selama bulan Ramadan dan jelang Idulfitri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra akan menggelar operasi gudang dan pasar.

- Advertisement -

Ketua Stabilisasi Barang Pokok dan Penting Disperindag Sultra, Darmin mengatakan, operasi itu untuk mengantisipasi lonjakan harga selama Ramadan dan jelang Idulfitri.

Belum lama ini, Disperindag Sultra melakukan koordinasi dengan seumlah distributor untuk memastikan ketersediaan stok. Upaya itu untuk mengantisipasi terjadinya penimbunan.

“Stok masih aman dan siap selama Ramadan dan Idulfitri,” ucapnya saat ditemui di Kantor Disperindag Sultra, Selasa, 6 Juni 2017.

Darmin menjelaskan, agar bisa mengendalikan harga di pasaran, Disperindag memantau sejumlah pasar yang ada di Kota Kendari. Hasilnya, belum ditemukan kenaikan harga yang signifikan.

“Harga pasar cenderung masih normal dan stabil. Apabila ada pedagang kedapatan menimbun akan dikenakan sanksi,” tuturnya.

Darmin menambahkan, Disperindag Sultra telah membentuk tim satgas untuk melakukan operasi selama Ramadan. Tim itu terdiri dari Disperindag, Polda Sultra, Korem 143 Haluoleo, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, tim inflasi, Bank Indonesia, dan Balai POM.

Rencananya, tim satgas akan mulai bergerak memantau gudang sembako dan pasar pada Jumat, 9 Juni 2017.

“Apabila ditemukan gudang yang melakukan penimbunan, kita tidak akan segan-segan memberikan sanksi,” tegasnya.

“Dalam operasi kali ini untuk memantau dan mengantisipasi kenaikan harga, mengontrol masalah ketersediaan stok, siap atau tidak, dan bahan makanan yang diperjualbelikan aman atau tidak,” tambah Darmin.

Reporter: Haerun
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...