200 Anak di Buton Ikuti Ritual Tandaki

628
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Rangkaian pelaksanaan Festival Pesona Budaya Tua Buton mulai digelar. Sebanyak 200 anak mengikuti tradisi tandaki/sunat masal di Gedung Serba Guna Wakaka, Kamis 16 Agustus 2018.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Buton Laode Zainal Abidin mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama sehari itu bukan hanya dilaksanakan di Pasarwajo, namun pada kecamatan lainnya di Buton.

- Advertisement -

“Untuk di Wakaka hari ini ada 80 anak sisanya dilaksanakan di Puskesmas kecamatan di Buton. Kegiatan ini dipantau langsung Bupati Buton,” ujarnya.

Lanjut dia, tradisi tandaki atau sunat tersebut dilakukan oleh tenaga ahli dari Dinas Kesehatan Buton dan RSUD Buton. Setiap anak yang disunat dalam tanggungan Pemda.

Sebelumnya, Bupati Buton La Bakry mengatakan, kegiatan tahunan yang digelar selain rangkaian Festival Pesona Budaya Tua Buton juga untuk membantu orang tua dalam menyunat anak-anaknya.

Selain Tandaki, lanjut La Bakry, ada tradiai pedole-dole atau yang dikenal imunisasi zaman dulu. Dimana Buton punya sistem kekebalan tubuh sejak lama.

“Kita gelar ini untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan agar biaya ringan,” tuturnya.

Selain tradisi tersebut, rangkaian lainnya adalah tradisi Posuo (pingitan). Posuo merupakan tradisi wajib bagi anak gadis yang mulai dewasa.

Tidak semua orang tua mampu melaksanakan tradisi tersebut, sehingga dibantu oleh pemerintah.

“Kegiatan kita juga ini punya nilai ekonomi kreatif,” tuturnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...