Ini Dia Bocah Pembawa Baki Bendera pada Upacara HUT RI di Bawah Laut Wakatobi

734
 

Ridwan, bocah SMP pembawa baki bendera pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di bawah laut Kabupaten Wakatobi. (Foro: La Ode Samsuddin/Inilahsultra.com)


Wakatobi, Inilahsultra.com – Ada yang unik pada upacara pengibaran bendera merah putih di dasar laut Wakatobi, Jumat 17 Agustus 2018. Pembawa bendera dalam rangka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 itu adalah seorang bocah yang masih berusia 14 tahun.

- Advertisement -

Dia adalah Ridwan. Siswa yang saat ini masih duduk dibangku kelas VII SMP Negeri Wangiwangi.

Meski upacara di bawah laut itu terbilang rumit, Ridwan mengaku sangat senang dan bahagia karena diberi kepercayaan membawa baki bendera pada kegiatan itu.

“Saya dilatih selama lima hari oleh para pelatih yang rata-rata adalah penyelam profesional (Dive Master). Dan menyelam rupanya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, hanya urusan nyali saja,” kata dia saat ditemui usai pelaksanaan upacara bawah laut yang digelar di Pantai Cemara.

Sementara itu, Ketua Wakatobi Profesional Diver Association (WPDA) sekaligus penyelenggara, La Ode Amaluddin Tuba mengungkapkan, upacara bawah laut itu telah masuk dalam kalender even Wakatobi.

“Kegiatan upacara pengibaran Bendera dibawah laut ini seperti tahun lalu. Teman-teman komunitas diver juga bertambah banyak tahun ini. Karena dari pihak TNI, Polri, Basarnas, Pemda dan beberapa instansi vertikal, WWF (World Wildlife Fund) Indonesia, wisatawan lokal dan beberapa turis mancanegara ikut terlibat dalam upacara pada tahun ini. Alhamdulillah sejak perencanaan awal pelaksanaan berjalan dengan baik tanpa kendala,” bebernya.

Kata dia, kedepan ada rencana menyelenggarakan even serupa dengan target peserta yang lebih banyak lagi.

“Semoga kedepan kerjasama Pemda dan komunitas selam bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut dia, ide itu sebenarnya pernah dilakukan beberapa tahun silam. Kemudian kegiatan itu kembali dilakukan lagi dua tahun terakhir.

“Kita berharap dengan kegiatan ini akan membuka minat orang untuk datang ke Wakatobi,” tuturnya.

Reporter: La Ode Samsuddin
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...