Bupati Buton Salurkan Bantuan 114 Unit Alat Pengendali Hama

162
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry menyerahkan bantuan 114 unit alat pengendali hama kepada kelompok tani se-Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) secara simbolis di Kantor Camat Pasarwajo, Senin 5 November 2018.

La Bakry berharap, bantuan tersebut dapat difungsikan dengan baik, khususnya bagi kelompok tani. Pasalnya, jika dimanfaatkan dengan baik tanaman akan bebas dari gangguan hama.

“Bantuan ini berawal dari masyarakat. Jadi kita serahkan kepada masyarakat juga yang menggelolanya,” kata La Bakry.

Menurut La Bakry, jika bantuan tersebut difungsikan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan tahun depan akan ditambah. Sehingga banyak kelompok masyarakat yang memperoleh.

“Saya berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dan khususnya bisa meningkatkan produktifitas petani kita. Sehingga jangan sampai sudah dapat, namun tidak digunakan untuk pertanian. Karena ini merupakan harapan kita bersama,” ujarnya.

Alat ini, lanjut dia, difungsikan bagi petani lahan kering. Sehingga dengan adanya bantuan ini menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan pendapatan dan produktifitas pertanian.

Hal senada disampaikan Kadis Pertanian Buton Dewangga. Menurut dia, pengadaan alat pengendali hama ini merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

Salah satu faktor meningkatkan hasil pertanian, kata dia, dengan mengendalian hama. Pasalnya pengendalian hama ini lebih efektif dengan cara menggunakan sinar surya. Sebab kalau menggunakan obat-obatan sangat berbahaya bagi produktivitas tanaman lain.

“114 unit alat ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), sebesar Rp 500 juta,” jelas kata Dewangga, Senin 5 November 2018.

Dia menjelaskan, jumlah kecamatan yang menerima bantuan ini dibagi tiga wilayah. Dimana wilayah I mendapat 58 unit mencakup Kecamatan Pasarwajo sebanyak 36 unit, Wabula 12 unit dan Kecamatan Wolowa sebanyak 10 unit.

Untuk wilayah II antara lain Kecamatan Siontapina sebanyak 22 unit dan Kecamatan Lasalimu Selatan sebanyak 21 unit. Sedangkan untuk wilayah tiga terdapat 43 unit yaitu Kecamatan Kapontori sebanyak 21 unit dan lasalimu sebanyak 22 unit.

“Jadi total keseluruhan bantuan ini, untuk wilayah se Kabupaten Buton dari tujuh kecamatan adalah sebanyak 114 unit,” ujarnya.

Lanjut Dewangga, bantuan tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga bantuan pada tahun ini diharap dapat bermanfaat dan berfungsi dengan baik.

“Saya berharap alat ini dapat dimanfaatkan secara baik dan dipelihara. Bantuan ini harus ada pemeliharaan, dijaga, dikontrol. Karena inikan ada masa ekonomisnya juga seperti contoh Aki. Apabila dirawat dengan baik maka bisa lama pemakainnya,” imbuhnya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...