Ketua DPRD Kota Kendari Pastikan Tak Ada Permainan Politik Uang Pemilihan Wawali

174
Ketua DPRD Kota Kendari Syamsudin Rahim

 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemilihan Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari akan ditentukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

- Advertisement -

Pastinya, para cara calon Wawali Kota Kendari yang bertarung akan berusaha melakukan segala macam cara untuk
menyakinkan dan menarik hati 35 anggota dewan.

Paling santer, sudah tersiar isu akan terjadi money politic dalam pemilihan nanti.

Ketua DPRD Kota Kendari Samsuddin Rahim menjamin tidak akan terjadi money politic.

Ia menjelaskan, dalam pemilihan nanti tetap akan dijalankan secara demokratis, sesuai aturan dan hati nurani.

“Itu tidak benar, dalam pemilihan ini dipastikan tidak ada permainan politik uang, semua itu kita jalankan sesuai dengan undang-undang,” kata Samsuddin Rahim saat ditemui di Kantornya, Senin 28 Januari 2019.

Potikus PAN itu mengatakan, permainan uang sulit terjadi ditengah pengawasan yang sangat ketat saat ini.

Beberapa lembaga semacam Inspektorat, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut memantau proses ini.

“Saya menyarankan itu tidak dilakukan oleh calon maupun anggota dewan untuk tidak memberi atau menerima politik uang dalam pemilihan wawali,” jelasnya.

Jika ada permainan politik uang dalam pemilihan wawali ini, ia menyebut bukan kewenanganya untuk menindak lanjuti. Itu tugas BPK dan KPK untuk menangkap mereka-mereka yang menerima uang.

“Itu bukan kewenangan saya untuk menindak mereka, tapi itu tugas BPK dan KPK untuk menangkap yang bermain politik uang,” jelasya.

Dalam pemilihan nanti, kata Sekretaris PAN Kota Kendari ini, ada berbagai aspek untuk menentukan pilihan Wawali Kota Kendari diantarannya memahami visi misi, memiliki sikap, mental dan moral serta sesuai prosedur ditetapkan dalam undang-undang dasar 1945.

“Kita akan lihat juga intelektualnya yang dimiliki sehingga pemilihan itu betul-betul menghasilkan wawali yang memiliki kemampuan sumber daya manusia yang baik untuk membangun Kota Kendari bersama wali kota,” jelasnya.

Baca Juga :  Tebang Pilih Bantuan Bedah Rumah Ikut Disoroti DPRD Kota Kendari

Untuk diketahui ada empat nama yang santer menjadi kandidat calon wakil Wali Kota Kendari yaitu Siska Karina, Alhabsi Tombili, La Pedato dan Rahman Tawulo.

Siska Karina istri mantan Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra (ADP) dan Alhabsi Tombili merupakan usulan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan La Pedato dan Rahman Tawulo didorong Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here