Kabid Minerba Ancam Laporkan Syahbandar dan Perusahaan Tambang ke KPK

902

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Tenggara (Sultra), memberhentikan sementara 22 perusahaan tambang yang ada di Sultra karena dianggap memuat ore secara ilegal.

Pemuatan ore secara ilegal ini dianggap sangat merugikan negara. Untuk itu, dalam waktu dekat pihak ESDM akan melaporkan kasus ini ke KPK RI.

- Advertisement -

“Saya akan laporkan perusahaan tambang dan syahbandar,” kata Kabid Mineral dan Batubara Dinas ESDM Sultra Yusmin, Senin 11 Februari 2019.

Ia menjelaskan, pemberhentian aktivitas 22 perusahaan tambang karena tidak memiliki Rancangan Anggaran Kerja Biaya (RKAB), tidak memiliki Kepala Teknisi Tambang (KTT), tak ada laporan jaminan reklamasi (Jamrek) dan pembayaran iuran tetap serta royalti.

Saat ini, kata dia, pihaknya memastikan perusahaan yang belum memiliki RKAB dan diusulkan kepada Gubernur Sultra untuk dicabut IUP-nya.

Beberapa IUP yang dicabut ini ditengarai tidak beroperasi dan dibiarkan mangkrak tanpa dioah.

“Saya juga sudah sampaikan kepada kepala seksi saya, agar memeriksa semua IUP-IUP yang lahir oleh bupati di masa itu. Tentang riwayatnya, asli atau tidak karena diduga di situ banyak pemalsuan,” katanya.

Ia berharap, KPK RI segera turun langsung di Sultra untuk melihat riwayat IUP, karena saat ini wilayah daratan di Sultra sudah lebih luas dari lahan IUP.

“Kami juga sudah mengantongi data-data, dalam waktu dekat kami akan segera laporkan ke KPK RI. Sudah saatnya KPK turun di Sultra,” ujarnya.

Menurutnya, adanya pengusaha bandel dan pejabat yang suka bermain membuat daerah tidak berkembang dari sektor pendapatan.

Mulai saat ini, pihak ESDM tidak akan melindungi pengusaha-pengusaha hitam tersebut.

“Dari beberapa perusahaan yang melanggar, utang yang harus dibayar oleh pemilik IUP sebanyak Rp 265 miliar yang harus dibayar,” tuturnya.

Baca Juga :  Demo di DPRD Sultra, AMPLH Konut Beberkan Pelanggaran PT KMS

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here