Bupati Buton Resmikan Sembilan TK Negeri

141
Bupati Buton La Bakry saat meresmikan sembilan TK/PAUD di Kecamatan Kapontori, Rabu 13 Maret 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry meresmikan sembilan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Peresmian dan perubahan status nama TK/PAUD swasta menjadi negeri di pusatkan di Kecamatan Kapontori, Rabu 13 Maret 2019.

Dalam sambutannya Bupati Buton La Bakry mengatakan, peresmian TK/PAUD tersebut sangat penting mengingat pendidikan anak usia dini sangat penting bagi anak dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

- Advertisement -

“Di kota besar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan pendidikn awal bagi anak. Saya sudah berbicara dengan Bunda PAUD agar berdiskusi dengan Diknas (Dinas Pendidikan) adakan studi banding untuk mengetahui standar pendidikan Indonesia yang ada di Jakarta,” ujarnya.

La Bakry berkeinginan para kepala sekolah mengamati sekolahnya agar memiliki pembanding. Sehingga kedepan bisa membuat inovasi baru agar dapat membangun sekolah yang standar.

Dia berharap, pada tahun 2020 para kepala sekolah segera melakukan pembangunan yang memadai untuk sekolah terutama ruang laboratorium.

“Selamat kepada 9 PAUD yang dinegerikan hari ini,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Kapontori Laode Farihi menjelaskan, 9 TK yang dinegerikan, 5 TK berada di Kecamatan Kapontori.

“Ada 17 TK di Kapontori mudah-mudahan semua bisa dinegerikan. Sebuah kebanggan bagi kami bisa menjadi tuan rumah atas pelaksanaan acara ini. Semoga menjadi semangat bagi para Bunda PAUD,” katanya.

Menurut Farihi, tingkat kesejahteraan guru honorer yang mengajar pada TK/PAUD masih dibawah standar. Mereka pada umumnya belum mendapatkan insentif dari Dinas Pendidikan.

“Mudah-mudahan dapat bantuan nantinya,” paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD Dinas Pendidikan Buton Nanang Langgkaunge mengatakan, pada bulan April 2018, Dinas Pendidikan sudah meresmikan 10 TK/PAUD di Kecamatan Lasalimu. Kemudian pada tahun ini kembali meresmikan 9 TK/PAUD lagi.

Baca Juga :  Pemprov Sultra Koordinasikan Pelantikan La Bakry

“Kendala yang dihadapi guru PAUD harus yang memiliki kompetensi S1/Sarjana. Kabar gembiranya untuk tahun ini ada BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) kesetaraan Rp 620 juta dan untuk BOP PAUD Rp 2 miliar. Juga ada bantuan pakaian sekolah,” terangnya.

Sembilan TK/PAUD yang dinegerikan antara lain, TK/PAUD Negeri Kondowa, TK/PAUD Negeri Montowu, TK/PAUD Negeri Wolowa, TK/PAUD Negeri Matawia, TK/PAUD Negeri Tumada, TK/PAUD Negeri Wakangka, TK/PAUD Negeri Barangka, TK/PAUD Negeri Wambulu, dan TK/PAUD Negeri Lambusango.

Reporter: Waode Yeni Wahdaniah

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here