Dukcapil Buteng Catat Dua Penderita Ganguan Jiwa Kantongi e-KTP

82
La Saini
-Advertise-

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) gencar melakukan perekaman e-KTP. Terlebih menjelang pemilu, e-KTP merupakan instrumen utama agar dapat menggunakan hak suara termasuk masyarakat yang mengidap ganguan kejiwaan (Grahita).

Sekretaris Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) La Saini mengatakan, sejauh ini baru dua orang penyandang ganguan jiwa atau penyandang grahita yang melakukan perekaman e-KTP.

-Advertise-

“Sejauh ini, baru dua orang yang melakukan perekaman satu berdomisili di Desa Lowulowu dan satunya berdomisili di Desa Onewaara,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Rabu 13 Maret 2019.

Sejauh ini, lanjut La Saini, Dukcapil sangat kewalahan mendata para penyadang grahita. Pasalnya kurang data dari masyarakat dan kepala desa setempat untuk melaporkan.

“Padahal jelas pada saat mengusulkan pembuatan kartu keluarga itu jelas ada kolom yang menuliskan cacat. Namun masyarakat dan desa sendiri hanya menulis normal semua ternyata kita dapatkan dilapangan ada yang cacat,” bebernya.

Selain itu, dia mengakui, terdapat kendala saat melakukan perekaman e-KTP kepada warga penderita gangguan jiwa itu. Mereka sulit diarahkan saat proses perekaman sehingga harus membutuhkann bantuan dari pihak keluarga.

“Kendalanya kadang kita susah mengatur mereka, butuh waktu lama untuk membujuknya agar melakukan perekaman,” tutupnya

Reporter : LM Arianto

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Meski Bulan Ramadan, Sidang Cerai Tetap Berjalan

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here