PAN : Sulkarnain Jangan Tahan Proses Pemilihan Wawali

283
 

Kendari, Inilahsultra.com – PAN dan PKB telah mendorong dua nama ke Wali Kota Kendari terkait calon Wakil Wali Kota Kendari.

Namun hingga saat ini, dua nama itu belum kunjung diteruskan ke DPRD Kota Kendari untuk segera melakukan pemilihan.

- Advertisement -

Belum diusulkannya dua nama itu ke dewan karena Sulkarnain masih menunggu usulan PKS notabene partainya sendiri.

Terhadap kondisi ini, anggota DPRD Kota Kendari Sukarni menyebut, jika sudah ada dua nama calon wakil yang disodorkan partai koalisi, seharusnya wali kota memasukan secepatnya ke DPRD untuk dilakukan pemilihan.

“Wali Kota harus secepatnya memasukan dua nama ke DPRD karena ini menyangkut pelayanan publik di pemerintahan,” kata Sukarni saat ditemui di Kantornya, Rabu 13 Maret 2019

“Tidak boleh wali kota menahan dan mendiamkan proses ini karena ini bertentangan dalam aturan undang-undang sesuai dengan fungsinya,” tambahnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari ini menjelaskan, DPRD juga memahami menjalankan tugas sebagai wali kota itu memiliki banyak agenda dan waktu sangat terbatas. Tapi pemilihan wakil wali kota harus menjadi perhatian yang tidak bisa dikesampingkan.

“Ini menyangkut kelancaran pelayanan di pemerintahan sebagai wakil wali kota, jadi harus menjadi perhatian serius bagi pak wali kota supaya masukan nama calon wakil secepatnya,” katanya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai, saat ini Sulkarnain memiliki peran ganda sebagai wali kota dan ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Kendari.

“Kalau fungsinya sebagai wali kota harusnya secepatnya untuk meneruskan atau memasukan dua nama calon wakil yang sudah diserahkan partai koalisi. Tapi kalau mengunakan ranahnya sebagai ketua DPD PKS harusnya beliau hadir pada saat rapat koalisi,” jelasnya.

Lanjut Sukarni, pengusulan dua nama oleh PKB dan PAN sudah sesuai aturan dan mekanisme. Dimulai dengan rapat koalisi hingga pengusulan dua nama.

“Yang dihasilkan itu sudah merupakan mekanisme dari partai pengusung dan tidak boleh diganggu apalagi diganti,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, dua nama calon wakil sudah diterima dari partai pengusung PAN dan PKB.

“Iya dua nama calon wakil saya sudah terima,” kata Sulkarnain saat ditemui di Kantor Wali Kota Kendari, Rabu 13 Maret 2019.

Kemudian ditanya kapan akan memasukan dua nama calon wakil ke DPRD, Sulkarnain menyebut, pastinya akan dimasukan.

“Kita lihat saja nanti kapan, yang jelas sesuai dengan prosedurnya, kita tetap mengikuti prosedur yang ada,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...