Meski Diguyur Hujan, Bupati Koltim Turun Langsung Berikan Bantuan Korban Banjir

158
Bupati Koltim Tony Herbiansyha turun langsung memberikan bantuan kepada korban banjir.

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan sembako kepada korban banjir di Desa Anambada, Kecamatan Dangia, Kamis 13 Juni 2019.

- Advertisement -

Bupati Koltim Tony Herbiansyah turun langsung memberikan bantuan kepada korban banjir didampingi Kepala Bappeda, Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Kominfo, Kabag Ekonomi, Kepala Dinas Sosial, Camat dan Ketua TP-PKK Kecamatan Dangia, Polsek Ladongi Dangia dan PoliPolia, Kepala Puskesmas Dangia, Kades Anambada, para Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Mekipun ditengah guyuran hujan, tidak menurunkan niat orang nomor satu di Koltim itu terus menyusuri satu persatu rumah warga yang menjadi korban banjir dengan menggunakan perahu karet milik Basarnas.

Adapun bantuan yang diserakan kepada warga yang masih bertahan di rumah yang tergenang air yakni beras, mie instan dan aqua.

“Hari ini kami mendatangi langsung korban banjir dan memberikan bantuan beras, mie instan dan aqua karena sangat dibutuhkan korban banjir. Terputusnya akses sehingga mereka tidak bisa kemana-mana untuk beraktivitas seperti biasanya,” kata Tony Herbiansyha.

Kemudian terkait tenggelamnya lima Desa di Ulu Iwoi dan Uesi, Tony mengaku, sudah mengirim exacavator di wilayah desa-desa tersebut.

“Telah diantisipasi semua bahkan bantuan bahan pangan dan obat-obatan, termaksud dari Korem telah mencarikan solusi jalan terbaik untuk pengiriman,” ujarnya.

Tony mengakui, adanya tingkat kesulitannya luar biasa dibalik bencana banjir tersebut. Dimana, ada 8 titik jalan sangat sulit untuk dilintasi. Meski demikian, akan diupayakan dan semua bantuan tiba di sana.

Termaksud bantuan dari Polres Kolaka sudah tiba dan hari ini juga bantuan dari Komando Rayon Militer (Korem) sebanyak 8 truk akan tiba.

Untuk infrastruktur mengalami kerusakan, Tony telah memerintahkan Dinas PU untuk mendata semua yang rusak termaksud jalan, jembatan, boxculvert dan lainnya yang akan dilakukan pengerjaan tahun ini karena ada dana kontigens.

“Kita akan memperbaiki semua infrastsuktur untuk mengantisipasi banjir dan kita ketahui potensi di Koltim itu rentang dengan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung,” tuturnya.

Sementara, ntuk saluran pembuangan yang masuk kawan PPA, solusinya para kades akan bertandatangan untuk permohonan pembuatan danau dan setelah ditandatangani akan diteruskan ke Balai untuk di komunikasikan.

“Jelas kita pemerintah daerah akan berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk masyarakat terutama para korban banjir,” jelasnya.

“Kita berharap dengan adanya bencana alam ini, kita harus perbanyak berdoa untuk keselamatan karena bencana ini kehendak Allah,” harapnya.

Sementara Camat Dangua Marsalim mengatakan, bantuan yang diberikan bupati dapat meringankan warga yang terkena dampak banjir.

“Harapan kami semoga bantuan ini bisa bermanfaat, apalagi pak bupati terjun langsung ke rumah-rumah warga terkena dampak banjir,” imbuhnya.

Reporter : Haerun

Editor      : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...