Penujukkan Plt Kades di Muna dan Muna Barat Menuai Kritik

192
Abdul Rahman Farizi

Kendari, Inilahsultra.com – Penujukkan jabatan pelaksana tugas (Plt) kepala desa di Kabupaten Muna dan Muna Barat menuai kritik.

Protes ini datang dari tokoh Sultra Abdul Rahman Farisi. Menurut dia, Pemkab Muna dan Muna Barat terkesan kompak tidak melaksanakan Pilkadaes 2019.

- Advertisement -

“Ini tentu memliki dampak bagi oembangunan desa,” kata Rahman Farisi.

Pria yang akrab disapa ARF ini menyebut, Pemprov Sultra dan Ombudsman perlu mengkaji akibat dari keputusan Pemda Muna dan Muna Barat yang tidak melaksanakan Pilkades yang berimbas pada penunjukkan Plt.

                       

“Keptusan ini apakah bentuk kelalaian atau kesengajaan sebagai dengan tujuan tertentu,” jelasnya.

Menurut ARF, bila kedua bupati ini serius membangun desa sebagaiman Nawacita Presiden Jokowi, seharusnya mereka sudah tahu bahwa periode jabatan kepalla desa segera berakhir.

“Mereka sudah harus merencanakan pemilihan kepala desa agar desa tetap dipimpin oleh kepala Desa defenitif yang secara serius melaksanakan pembangunan desa,” jelasnya.

Ia menduga, penunjukkan Plt ini dipengaruhi kepentingan tertentu yang bisa saja tidak sejalan dengan kepentingan masyarakat desa.

Secara teori dan empiris apabila tanggung jawab pengelolaan desa pada pejabat yang sementara maka cenderung tidak berorientasi jangka panjang dan ada praktik aji mumpung mengambil kesempatan. Bila hal tersebut terjadi maka jelas akan merugikan desa,” katanya.

Untuk itu, ia menyarankan sebaiknya gubernur mengambil kebijakan dan langkah untuk melindungi dan memberdayakan desa.

Ia juga meminta Ombudsman RI Sultra untuk mengkaji unsur kelalaian dan penyalagunan kewenangan oleh Bupati Muna dan Muna Barat akibat tidak dilaksanaknya Pilkades.

“Jadwal berakhirnya periode kepala desa itu sudah diketahui maka Pemda sudah merencanakan dan melaksanakan pilkades sebelum periodenya selesai,” pungkasnya.

Baca Juga :  Janji Ali Mazi Tidak Tabrak Aturan

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...