Sidang Sengketa Pilcaleg di MK Digelar 11 Juli

218
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilcaleg 2019 dijadwalkan pada 11 Juli 2019.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib mengaku, pihaknya sudah menyiapkan jawaban dan alat bukti untuk sidang di MK nanti.

- Advertisement -

“Tidak ada kendala. Semua alat bukti dan jawaban telah kami siapkan. Alat bukti ini akan dikolaborasikan dengan tim hukum KPU RI,” jelasnya.

Alat bukti itu, lanjut Natsir, diambil dari dalam kotak suara sesuai lokus gugatan peserta pemilu.

Pembukaan kotak suara itu Pasal 95 PKPU Nomor 4 Tahun 2018 yang mana, KPU boleh membuka kotak untuk kebutuhan pembuktian di MK.

Ia menjelaskan, sidang di MK nanti akan dimulai dengan sidang pemeriksaan pendahuluan dalam rangka memeriksa kejelasan permohonan dan memberikan nasihat kepada pemohon terkait permohonan yang diajukan.

“Pemeriksaan Pendahuluan dilakukan oleh para hakim yang terdiri dari paling sedikit 3 (tiga) orang hakim. Pascasidang pendahuluan, pemohon diberikan kesempatan untuk memperbaiki permohonan dalam jangka waktu yang telah ditentukan,” jelasnya.

Setelah itu, dilanjutkan pemeriksaan persidangan yang dilakukan oleh panel hakim untuk memeriksa pokok perkara.

Agenda sidang pemeriksaan perkara terdiri dari pemeriksaan pokok permohonan, pemeriksaan alat bukti tertulis, mendengarkan keterangan para pihak, mendengarkan keterangan saksi, mendengarkan keterangan ahli, mendengarkan keterangan pihak terkait, pemeriksaan rangkaian data, keterangan, perbuatan dan/atau peristiwa yang sesuai dengan alat bukti lain yang dapat dijadikan petunjuk dan memeriksa alat bukti elektronik.

“Sidang Pemeriksaan perkara dapat dilakukan dengan persidangan jarak jauh melalui video conference,” tutupnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...