Bupati Muna Ikut Panen Perdana Padi Sawah Seluas 40 Hektare

527
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat ikut panen perdana padi sawah di Desa Lupia, Kamis, 11 Juli 2019.

Raha, Inilahsultra.com-Bupati Muna, LM Rusman Emba ikut melakukan panen raya padi di lahan sawah yang terletak di Desa Lupia Kecamatan Kabangka, Kamis 11 Juli 2019.

Lahan yang dipanen tersebut yang ditanami berbagai jenis padi kurang lebih 40 hektare. Namun, yang baru dilakukan panen perdana berkisar 37 hektare.

- Advertisement -

Pada acara panen raya itu, Kades Lupia, Mahmud berkesempatan menyampaikan keluhan kepada bupati.

“Untuk memperlancar para petani dalam mengangkut hasil tani, mewakili para petani kami harapkan ada perhatian perbaikan jalan sebab, ketika turun hujan air tergenang,” keluhnya.

Mendengar keluhan tersebut, LM. Rusman Emba mengatakan, bahwa perbaikan jalan maupun drainase dalam mendukung para petani sawah menjadi perhatian serius.

“Kita harus mensyukuri segala nikmat Allah, karena hari ini kita melakukan panen perdana. Persoalan perbaikan jalan, pembangunan drainase, alat penggiling akan diupayakan, karena ini menjadi kebutuhan dalam para petani sawah,” janjinya.

Mantan anggota DPD RI itu mengharapkan, kepada para petani agar tak ragu lagi persoalan ketika memasarkan hasil pertanian. Pasalnya, pemerintahannya saat ini telah bekerja sama dengan pihak kontainer melakukan pengangkutan hasil tani melalui tol laut yang dikirim di Buton hingga Makassar.

Kemudian, ia juga berharap agar para kepala desa meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan menganggarkan melalui dana desa (DD).

“Nanti para Kades, di bidang pertanian dapat menganggarkan yang peruntukan untuk ekonomi kerakyatan. Karena hal ini dapat menggairahkan masyarakat Muna dalam meningkatkan hasil tani,” tuturnya.

Reporter : Iman

Editor      : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Angkat Isu Pangan, Fakultas Pertanian UHO Gelar Seminar Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here