Nasdem Mubar Usul Enam Aleg Calon Pimpinan DPRD dan Ketua Fraksi

876
Ahmad Abas Karib

Laworo, Inilahsultra.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengusul enam anggota legislatif terpilih tahun 2019 untuk menjadi Pimpinan DPRD Mubar dan Pimpinan Fraksi Partai Nasdem.

Usulan ini disampaikan kepada DPW NasDem Sultra untuk ditentukan siapa yang akan jadi Ketua DPRD Mubar dan ketua fraksi.

- Advertisement -

Dari enam aleg yang diusung itu, 3 orang diusul sebagai calon Ketua DPRD Mubar, yakni, Wa Ode Sariani Ilaihi, Munarti dan Musliadi.

Sedang calon ketua fraksi Nasdem adalah Ali Badin Fiihi,  Abdul Samad A Samsur dan Nur Aisyah Ilyiah.

Sekertaris DPD Nasdem Mubar, Ahmad Abas Karib mengatakan, pengusungan itu merujuk Peraturan Organisasi Partai NasDem Nomor 005 tahun 2019.

Di dalam peraturan itu, disebutkan beberapa pertimbangan menjadi ketua dewan maupun fraksi yakni, perolehan suara, pengalaman organisasi, riwayat kepartaian dan penilaian khusus dari pimpinan partai di daerah.

“Dan di dalam melihat persyaratan tersebut kami sebagai partai meminta syarat-syarat tersebut terhadap semua aleg terpilih dari Nasdem itu sendiri sehingga kami punya referensi dalam melakukan penetapan dan pengusungan calon pimpinan,” kata Abas kepada jurnalis inilahsultra.com, Kamis 11 Juli 2019.

Pengusungan ini, kata dia, dilakukan dalam rapat pleno terbuka internal partai.  Hasil pleno itu, telah diserahkan kepada pimpinan partai  wilayah Provinsi Sultra.

“Selanjutnya  tinggal menunggu mekanisme yang akan dilakukan oleh pihak DPW Nasdem Sultra,” jelasnya.

Nama yang diusung ini, lanjut dia, dinilai mampu dan bisa mewakili partai di parlemen nantinya. Untuk itu, ia berharap kepada yang tidak terusung  dalam bursa pimpinan maupun pimpinan fraksi untuk bisa memahami karena ini adalah keputusan lembaga.

“Yang pasti semua anggota DPRD NasDem Mubar Punya hak untuk menjadi pimpinan DPRD maupun pimpinan fraksi, tinggal semua itu butuh kesabaran dan loyalitas terhadap partai,” ungkapnya.

Baca Juga :  Konflik PAN Bisa Pengaruhi Perolehan Suara BERKAH

Ia menyebut, enam nama ini keluar tanpa ada permainan sesuai slogan partai, tanpa mahar.

“Anggota DPRD itu esensinya adalah perwakilan partai yang mendapatkan mandat dari rakyat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kader NasDem harus menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mubar.

Hal ini senada dengan Ketua DPD Partai Nasdem Mubar, La Insafu.

“Di provinsi juga sudah selesai melakukan kajian dan tinggal fit and propertest,” jelasnya

Rencananya, tahapan uji kepatutan dan kelaikan keenam yang di usung itu , akan digelar Jumat besok.

” Pimpinan itu yang akan lahir satu. Kalau fraksi, sudah tiga orang itu. Ketua, wakil ketua dan sekretaris. Tinggal dilihat mana yang loyal jadi ketua fraksinya, mana yang jadi sekertaris dan wakil ketua,” pungkasnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here