TPI Sodohoa Dijadikan Pasar, Kadis DKP Mengaku Kaget

281
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Rahman Napira.

Kendari, Inilahsultra.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Rahman Napira mengaku kaget melihat kondisi Tempat Pelelangan Ikan
(TPI) Sodohoa sudah dijadikan pasar.

“Saya kaget melihat kondisi ini yang jauh dari fungsi TPI sebagai pendaratan ikan dan seharusnya tidak ada penjual-penjual yang lain bertransaksi,” kata Rahman Napira di kantor Wali Kota Kendari, Senin 15 Juli 2019.

Advertisements
- Advertisement -

Bukan hanya dalam area TPI, para pedagang telah memadati bahu jalan di luar pagar, sehingga menganggu kendaraan-kendaraan yang melintas.

“Area TPI sudah menjadi pasar yang jauh dari fungsinya. Kita harus menertibkan para pedagang dan kendaraan yang parkir sembarangan untuk mengembalikan fungsi TPI,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kurang lebih ada 50 orang dengan berbagai macam barang yang dijual di area TPI. Mulai dari sembako, sayur, sendal dan sepatu serta penjual obat yang seharusnya tidak menjual di TPI, melainkan di pasar.

“Kami sudah berkordinasi dengan PD Pasar dan tinggal menunggu bagaimana respon untuk mengakomodir para penjual di TPI untuk dipindahkan ke pasar,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengharapkan dukungan dari semua pihak terutama dari aparat keamanan supaya TPI yang ada di jantung kota benar-benar seperti pelelangan higinis.

“Dari segi kesehatan dan keteraturan bisa lebih terjamin karena kondisi saat ini TPI sangat jauh apa yang kita harapkan,” tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meminta Dinas Kelautan dan Perikanan harus bertindak menertibkannya.

“Kita harus tanggung jawab dan ini hal yang harus kita tuntaskan, kita tidak boleh menyerah dan kalah dengan situasi, kita punya kewenangan, kita punya ruang diskresi untuk melakukan tindakan-tindakan yang bisa dilakukan,” ungkapnya.

Baca Juga :  PKS Telorkan Tiga Nama Balon Wawali, Salah Satunya Mantan Sekot Kendari

“Kalau memang dilarang tegaskan dan kalau memang diizinkan diatur, tapi jangan sampai ada yang diatur dan ada yang tidak, kita jangan pandang bulu dalam menata dan menjaga kebersihan Kota Kendari,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...