Festival Budaya Tua Buton Usung Tema ‘Budaya Tua dan Masa Depan’

209
Ribuan wanita menampilkan Tari Bosu. Tari ini menggambarkan kebiasaan wanita Buton zaman dulu saat mengambil air menggunakan Bosu (cerek). Tari ini dipadukan dengan sejumlah tari lainnya dalam tari kolosal saat acara Puncak Festival Pesona Budaya Tua Buton, Minggu 26 Agustus 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Festival Budaya Tua Buton tahun 2019 akan mengusung tema ‘Budaya Tua dan Masa Depan’. Tema ini akan digunakan untuk semua promosi.

Kepala Dinas Pariwisata Buton Laode Zainudin Napa mengatakan, penggunaan tema tersebut disesuaikan dengan kondisi bangsa Indonesia yang memasuki era informasi dan industri.

- Advertisement -

“Sedianya tema ini akan didiskusikan dan disayembarakan namun mengingat waktu pelaksanaan semakin dekat maka tema ini yang dipilih,” ujar Zainuddin, Rabu 17 Juli 2019.

Pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton akan digelar pada 19-24 Agustus mendatang.

Menariknya, terang Zainuddin, pada kegiatan tahun ini akan menampilkan seni permainan tradisional dan lomba fashion show antar kecamatan.

“Pemenang lomba fashion show akan jadi ikon pariwisata baik pada even nasional maupun regional. Jadi ada beberapa persyaratan yang harus di lalui peserta,” tuturnya.

Untuk para tamu, lanjut dia, akan mulai hadir pada tanggal 19 Agustus. Ada sekitar 64 kapal Yatch yang ditumpangi wisatawan asing sudah terdaftar dan akan berlabuh di Teluk Pasarwajo menyaksikan festival tahunan tersebut.

“Tanggal 19 Agustus pembukaan pada sore hari dirangkaikan dengan pameran sekaligus pemukulan gendang Posuo atau pingitan massal,” terangnya.

Pada tanggal 21 Agustus, tambah Zainuddin, lomba dayung tradisional akan dimulai. Kemudian lomba lagu daerah tanggal 19-24 Agustus, lomba foto dan menulis berita tanggal 19 Agustus.

“Sedangkan acara rutin Pedole-dole, Tandaki, Pekande-kandea, lomba tenun dan tari kolosal sebanyak 5019 orang akan digelar saat hari puncak kegiatan tanggal 24 Agustus,” terangnya.

Bupati Buton La Bakry berharap, semua pihak ikut menyukseskan pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton ke tujuh. Apalagi festival ini sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Buton.

Baca Juga :  Libur Lebaran, SAR Kendari Jaga 11 Tempat Wisata di Sultra

“95 desa dan kelurahan pada prinsipnya harus ikut berpartisipasi dan diberi kejelasan akan agenda daerah yang sudah diakui nasional ini,” katanya.

Dia mengatakan, semua kegiatan berkaitan dengan pelaksanaan festival tahun ini mengikuti angka 2019. Jumlah talang Pekande-kandea 2019, jumlah penari 5019, jumlah peserta pingit 219, sunatan/Tandaki 219, dan Pedole-dole 219.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here